STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KESALEHAN SOSIAL SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

KHOERUL ANWAR, NIM. 14410092 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KESALEHAN SOSIAL SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KESALEHAN SOSIAL SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
14410092_BAB I_SAMPAI_BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KESALEHAN SOSIAL SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
14410092_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

KHOERUL ANWAR. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Kesalehan Sosial Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan agama Islam di sekolah idealnya mampu membentuk kesalehan pribadi sekaligus kesalehan sosial siswa. Kesalehan pribadi dan kesalehan sosial menjadi modal dasar bagi siswa untuk sukses di dunia dan akhirat. Ayat-ayat Al-Qur’an mendorong umat Islam untuk menjadi manusia yang saleh secara pribadi dan sosial. Namun, dikotomi kesalehan pribadi dan kesalehan sosial masih terjadi hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan maraknya aksi tawuran siswa, kasus narkoba, kasus pelecehan, sikap intoleran, sikap apatis, kasus bullying, dan penyalahgunaan media internet atau media sosial di tengah arus hegemoni global. Kesalehan sosial dapat dibina dengan adanya Pendidikan Agama Islam dalam segala aspek kehidupan, sehingga pada akhirnya Pendidikan Agama Islam akan mampu mewarnai setiap tindakan siswa. Dari uraian latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi yang dilakukan Guru PAI dalam membangun kesalehan sosial siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Guru PAI dalam membangun kesalehan sosial siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membangun kesalehan sosial siswa, dukungan dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan pendekatan mikro etnografi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, display data, pengambilan keputusan, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam membangun kesalehan sosial siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta antara lain: a) membangun kerjasama dengan masyarakat, b) meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dikelas, c) menumbuhkan tanggung jawab melalui penugasan, d)membangun kesadaran diri siswa untuk tertib sosial, e) Membiasakan sikap toleransi terhadap sesama, f) membangun komitmen warga sekolah, g) melibatkan peran alumni, h) optimalisasi fungsi masjid sekolah i) membiasakan siswa untuk sholat Dhuhur berjamaah, j) membina seksi kerohanian Islam. (2) Dukungan Guru PAI dalam membangun kesalehan sosial siswa datang dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, alumni, masyarakat, dan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pembelajaran (3) kendala yang dihadapi berupa faktor intern antara lain: Pengaruh negatif dari jejaring sosial (social media), budaya instan dikalangan siswa, ketergantungan gadget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kesalehan Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:05
Last Modified: 07 Dec 2018 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum