PENGARUH BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL

DESTI ROHINI, NIM. 13720001 (2018) PENGARUH BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL)
1372001_BAB-I_V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL)
1372001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Belanja online saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat, dari kalangan tua sampai generasi muda. Generasi muda saat ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menjelajai dunia maya, dimana mereka suka mencoba berbagai hal baru termasuk juga belanja online. Hal tersebut, saat ini juga sudah merambah di kalangan siswa-siswi di SMA Muhammadiyah. Mereka lebih tertarik dengan belanja online karena, kemudahan yang dirawarkannya sesuai dengan mereka yang suka melakukan berbagai hal dengan mudah dan cepat. Penelitian ini mengkaji pengaruh belanja online di media sosial terhadap perilaku konsumtif dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif siswa-siswi SMA Muhammadiyah Imogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method, yaitu penggabungan antara dua metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penlitian. Teknis analisis data menggunakan analisi korelasi product moment pearson dan analis regresi linear sederhana dengan menggunakan taraf signifikasi 5% dan asumsi variable yang dicari berdistribusi normal serta wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Reinforcement Imitasi yang dikemukakan oleh Miller dan Dollard, tentang faktor-faktor penyebab seseorang ingin menyamakan diri dengan panutannya serta, menggunakan konsep individual differences. Berdasarkan hasil analisis, hasil perhitungan regresi liner sederhana Y=14.605 + 0.162X yang artinya apabila X (pengaruh belanja online) mengalami kenaikan maka Y (perilaku konsumtif) juga akan naik. Hasil uji regresi juga menunjukan bahwa nilai 0.692 0.05 (5%), artinya terdapat pengaruh belanja online di media sosial terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi SMA Muhammadiyah Imogiri. Adapun penyebab lainya adalah siswa-siswi berfikir bahwa belanja online lebih efesien dalam waktu, strategi pemasaran yang disajikan melalui iklan serta banyaknya tawaran yang dierikan menjadi salah satu yang efektif menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen. Selain itu, faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif siswa-siswi SMA Muhammadiyah yaitu faktor sosial, faktor pribadi, faktor pisikologi dan faktor iklan, guna dalam pengambilan keputusan atau mencari ulasan tentang suatu barang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membeli suatu barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ahmad Norma Permata, S.Ag., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Belanja Online, Perilaku Konsumtif, Siswa
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Dec 2018 03:12
Last Modified: 07 Dec 2018 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31905

Actions (login required)

View Item View Item