PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN BAGI SISWA TAHFIZ DI MAN 4 SLEMAN

YUAN NISA MADJID, NIM. 14410099 (2018) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN BAGI SISWA TAHFIZ DI MAN 4 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN BAGI SISWA TAHFIZ DI MAN 4 SLEMAN)
14410099_BAB I_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN BAGI SISWA TAHFIZ DI MAN 4 SLEMAN)
14410099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

YUAN NISA MADJID. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Bagi Siswa Tahfiz di MAN 4 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa ciri khas dari Madrasah adalah ilmu keagamannya yang membedakannya dengan sekolah umum lainnya. Dalam kenyataannya, masih banyak siswa dari madrasah yang belum mampu menampilkan ciri khas dari madrasah itu sendiri. Salah satunya adalah kemampuan menghafal Alquran. Di MAN 4 Sleman program Tahfiz menjadi bagian dari intrakurikuler disamping BTAQ. Kegiatan ini diwajibkan atas setiap siswa, sedangkan perbedaanya adalah mengenai jumlah target hafalan yang harus dicapai oleh siswa kelas Agama lebih banyak dari siswa pada kelas non agama. Sedangkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Diantaranya adalah lingkungan (exsternal) dan kemandirian (internal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Alquran bagi siswa Tahfiz di MAN 4 Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI Agama MAN 4 Sleman sebanyak 55 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan jenis Sampling Jenuh dimana seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan dari masing-masing angket lingkungan sebanyak 21 soal dan kemandirian 20 soal dinyatakan valid dan reliabel keseluruhannya, dengan r hitung lebih besar dari r tabel (0,266). Analisis data meliputi analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Alquran dengan nilai r2 sebesar 0,176 atau sebesar 17,6%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Alquran dengan r2 sebesar 0,180 atau sebesar 18%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara lingkungan belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan menghafal Alquran dengan r2 sebesar 0,356 atau sebesar 35,6 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Hj.Marhumah
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Lingkungan Belajar, Kemandirian, Kemandirian Belajar, Kemampuan Menghafal Alquran, Tahfizul Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:15
Last Modified: 07 Dec 2018 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum