BADAN USAHA MILIK DESA DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (STUDI PADA BUMDES TIRTA MANDIRI, DESA PONGGOK, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN)

MUHAMMAD YASSER ARAFAT, NIM. 14720033 (2018) BADAN USAHA MILIK DESA DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (STUDI PADA BUMDES TIRTA MANDIRI, DESA PONGGOK, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA.

[img]
Preview
Text (BADAN USAHA MILIK DESA DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (STUDI PADA BUMDES TIRTA MANDIRI, DESA PONGGOK, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN))
14720033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BADAN USAHA MILIK DESA DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (STUDI PADA BUMDES TIRTA MANDIRI, DESA PONGGOK, KECAMATAN POLANHARJO, KABUPATEN KLATEN))
14720033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam meningkatkan pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat desa, Pemerintah mengeluarkan UU No. 6 Tahun 2014 tentang pembentukan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang merupakan badan usaha di mana seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat. Sejak berdiri, BUMDes Tirta Harapan pengelolaan dan modal usaha dipenuhi dari potensi desa, tidak ada pihak luar yang dilibatkan. Warga yakin mereka memiliki potensi sumber daya lokal yang besar. Terbukti, dari 700-an keluarga, sudah 210 keluarga yang bergabung dengan BUMDes. Setiap keluarga berinvestasi hingga Rp5 juta sehingga total penyertaan modal dari masyarakat mencapai Rp1,2 miliar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Organisasi Stephen P. Robbins (1994) yang mengkaji struktur, fungsi dan performansi organisasi beserta perilaku kelompok dan individu didalamnya dalam mencapai tujuan yang luas dan rumit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analisis yaitu menganalisis data dengan menjelaskan dan menafsirkan data atau informasi dari hasil penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi yaitu, untuk melihat kondisi masyarakat dan BUMDes di Desa Ponggok, wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi dari masyarakat dan pengelola BUMDes dengan tanya jawab secara langsung, dan dokumentasi sebagai perolehan data berupa tulisan maupun gambar untuk menambah informasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, Model Data (Data Display) dan Penarikan/Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, tentang peran BUMDes Tirta Mandiri sangat berpengaruh untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Ponggok. Hal ini dibuktikan dari terciptanya lapangan pekerjaan baru, unit-unit usaha yang dijalankan berkembang pesat dan warga diberi kesempatan untuk membuka usaha dengan difasilitasi oleh BUMDes. Disamping itu pemerintah juga turut mendapatkan manfaatnya berupa peningkatan pendapatan asli desa (PAD) yang sangat signifikan setelah adanya BUMDes. Program bantuan sosial juga turut membantu masyarakat menjadi lebih sejahtera. Adapun program bantuan sosial yang digulirkan antara Pemerintah Desa dengan BUMDes Tirta Mandiri antara lain satu rumah satu sarjana, bantuan uang untuk pendududk lansia, program renovasi rumah yang tidak layak huni, program listrik gratis bagi warga yang rumahnya belum teraliri listrik dan biaya premi BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh Pemerintah Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan Masyarakat, BUMDes dan partisipasi
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:09
Last Modified: 10 Dec 2018 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum