PENGEMBANGAN WISATA ALAM KALIBIRU : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN MANDIRI

ISTIQOMAH, NIM. 14720046 (2018) PENGEMBANGAN WISATA ALAM KALIBIRU : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA.

[img] Text (PENGEMBANGAN WISATA ALAM KALIBIRU : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN MANDIRI)
14720046_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)
[img] Text (PENGEMBANGAN WISATA ALAM KALIBIRU : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN MANDIRI)
14720046_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Wisata Alam Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap ketinggian 450 Mdpl di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, berjarak 40 km dari Kota Yogyakarta atau 10 Km di dari Kota Wates. Wisata Alam Kalibiru ini berdiri karena adanya inisiatif dan partisipasi dari masyarakat lokal yang ingin bangkit dari kemiskinan. Masyarakat lokal sendiri ialah masyarakat yang berada di sekitar Desa Wisata Kalibiru yang terletak di Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Mereka menciptakan sebuah inovasi baru dari potensi alam yang ada di sekitar lingkungan yang menurut mereka potensi tersebut mampu memperbaiki kondisi ekonomi, sosial dan ekologi masyarakat. Wisata Alam Kalibiru merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang di buat oleh Kelompok Tani HKm (Hutan Kemasyarakatan Mandiri) dibawah perlindungan Menteri Kehutanan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat oleh Kelompok Tani HKm Mandiri melalui Wisata Alam Kalibiru, menggunakan analisi teori Pemberdayaan Edi suharto dan konsep Pemberdayaan David C Korten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi serta data sekunder yang berasal dari dokumen, buku, maupun sumber data tertulis lain. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok tani HKm Mandirisecara intensif mampu menjadi kegiatan alternatif dalam pemberdayaan masyarakat Kalibiru. Selain untuk menjaga kelestarian hutan, di sisi lain secara Sosial Ekonomi berdampak pada pendapatan masyarakat lokal, mengurangi pengangguran dan adanya Wisata Alam ini sekarang sudah menjadi tumpuan hidup masyarakat kalibiru. Keberhasilan Kelompok Tani Hkm Mandiri memanfaatkan izin dari Menteri Kehutanan untuk pemberdayaan masyarakat tanpa merusak hutan sangat penting dalam mendukung Penurunan Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muryanti,S.Sos.,M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kemiskinan, Kelompok Tani HKm, dan Wisata Alam
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:20
Last Modified: 10 Dec 2018 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31922

Actions (login required)

View Item View Item