MAKNA RITUAL ZIARAH DI MAKAM KALI SALAM (STUDI RITUAL TERHADAP ACARA HAJAT DI DESA KALIREJO KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN)

AGUS WARDOYO, NIM. 12520006 (2018) MAKNA RITUAL ZIARAH DI MAKAM KALI SALAM (STUDI RITUAL TERHADAP ACARA HAJAT DI DESA KALIREJO KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA RITUAL ZIARAH DI MAKAM KALI SALAM (STUDI RITUAL TERHADAP ACARA HAJAT DI DESA KALIREJO KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN))
12520006_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MAKNA RITUAL ZIARAH DI MAKAM KALI SALAM (STUDI RITUAL TERHADAP ACARA HAJAT DI DESA KALIREJO KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN))
12520006_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia mempunyai ragam bahasa, suku dan budaya. Jawa merupakan suku yang ada di Indonesia dengan ragam adat dan isitiadat . Masyarakat Kalirejo merupakan bagian suku Jawa yang memiliki ragam budaya dan tradisi. Dalam ruang lingkup hidup, manusia cenderung membutuhkan hal-hal yang dapat mengarahkan kepada perasaan aman dan tentram. Ritual ziarah merupakan Kegiatan ritual yang dilakukan masyarakat dengan berziarah ke makam. Kegiatan tersebut merupakan tindakan manusia yang beragama dan berbudaya untuk menjalankan suatu tindakan menurut adat istiadat atau agama. Ritual ziarah terdapat tiga komponen yang melingkupi, yaitu adanya tempat ritual, alat-alat dan kegiatan ritual itu sendiri. Kegiatan ritual ziarah tersebut merupakan kegiatan ritual keagamaan yang bersifat sakral. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti tentang makna ritual ziarah pada masyarakat Kalirejo di desa Kalirejo, Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Adapun pembahasannya yaitu proses ritual ziarah, dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga penutup sehingga dapat memahami makna yang terkandung dalam ritual ziarah. Sehingga dapat digambarkan bagaimana proses ritual ziarah di makam Kali Salam dalam kesakaralan dari tindakan ritual tersebut. Dari persoalan tersebut peneliti menggunakan studi lapangan. Studi lapangan menggunakan beberapa metode untuk mengkaji penelitian ini. Adapun metode ada dua adalah pertama, pengumpulan data, yaitu dengan observasi, interview dan dokumentasi. Kedua, metode analisis data, yaitu dari berbagai data yang terkumpul dari observasi, interview dan dokumentasi. Dari data yang didapat dianalisis menggunakan teori Mircea Eliade, yaitu sakral dan profan dengan memahami hakikat yang sakral dan profan. Suatu yang sakral merupakan hal yang penting dan keramat, sedangkan profan dilakukan secara acak dan tidak terlalu penting. Hasil yang didapat adalah ritual ziarah merupakan suatu pola dan konsep yang keramat dan sakral. Ritual tersebut mampu memberikan suntikan motivasi untuk selalu mengingat dan menghormati para leluhur. Mendoakan leluhur, maka secara tidak langsung leluhur tersebut berdoa kepada Tuhan untuk mengabulkan setiap doa. Kenyataan bahwa makam hanyalah sebuah bangunan yang bersifat profan dan itu tidak mengandung unsur penting, namun dengan mengimani ada sesuatu hal yang sakral di balik doa-doa yang dipanjatkan untuk mendoakan para leluhur atau wali. Perwujudan doa-doa menampakkan suatu hal Yang Suci. Penampakkan Yang Suci dapat dilihat dari religius experience yang dilakukan oleh orang yang mempunyai hajat, yang dalam penelitian terwujud pada hajat khitan. Menurut tetua dan pemuka agama, mendatangi dan mendoakan arwah leluhur secara langsung dengan mendatangi langsung ke makam Kali Salam merupakan suatu perwujudan penghormatan terhadap para leluhur yang telah berjasa sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ustadi Hamsah, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kalirejo di desa Kalirejo
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:22
Last Modified: 10 Dec 2018 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31923

Actions (login required)

View Item View Item