PERILAKU PERUNDUNGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI TENTANG JENIS, KARAKTERISTIK PELAKU, DAMPAK BAGI KORBAN, DAN PENANGANAN PERILAKU PERUNDUNGAN DI MI QURRATA ‘AYUN MAGUWOHARJO-SLEMAN)

KURNIA FATMAWATI, NIM. 1620420022 (2018) PERILAKU PERUNDUNGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI TENTANG JENIS, KARAKTERISTIK PELAKU, DAMPAK BAGI KORBAN, DAN PENANGANAN PERILAKU PERUNDUNGAN DI MI QURRATA ‘AYUN MAGUWOHARJO-SLEMAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU PERUNDUNGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI TENTANG JENIS, KARAKTERISTIK PELAKU, DAMPAK BAGI KORBAN, DAN PENANGANAN PERILAKU PERUNDUNGAN DI MI QURRATA ‘AYUN MAGUWOHARJO-SLEMAN))
1620420022_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU PERUNDUNGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI TENTANG JENIS, KARAKTERISTIK PELAKU, DAMPAK BAGI KORBAN, DAN PENANGANAN PERILAKU PERUNDUNGAN DI MI QURRATA ‘AYUN MAGUWOHARJO-SLEMAN))
1620420022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Fenomena perundungan pada anak usia sekolah dasar sering terjadi di lingkungan sekolah. Perundungan yang terjadi masih dianggap oleh sebagian orang tua dan pendidik sebagai “perilaku nakal” yang wajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepekaan orang tua dan pendidik terhadap bentuk, dampak, karakteristik pelaku, faktor penyebab perundungan hingga penangananya. Hal tersebut menyebabkan tindakan perundungan belum tertangani secara tuntas dan bahkan semakin bertambah. Tindakan perundungan juga peneliti temukan di MI Qurrata ‘Ayun, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis/bentuk perundungan, karakteristik pelaku, dampak bagi korban, faktor yang mempengaruhi tindakan perundungan serta penanganan perilaku perundungan di MI Qurrata ‘Ayun. Penelitian dilakukan selama dua bulan tujuh hari dengan fokus pengamatan berupa perilaku keseharian peserta didik di dalam maupun di luar kelas. Pengamatan dilaksanakan berdasarkan panduan observasi tentang jenis, karakteristik pelaku, dampak, faktor dan penanganan perundungan dengan tiga hari pengamatan di masing-masing kelas dan dua hari pengamatan di luar kelas. Selain dengan panduan observasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik dokumentasi dan wawancara. Kedua tehnik ini dilaksanakan untuk menggali informasi lebih dalam terkait tindakan perundungan yang terjadi. wawancara dilakukan terhadap Subjek penelitian sekaligus sumber data yakni kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Dalam penelitian ini digunakan teori perundungan oleh Ken Regby yang menyatakan bahwa perundungan terjadi pada anak-anak memiliki tiga jenis yakni perundungan fisik, verbal dan psikis dengan dampak pada korban berupa dampak secara fisik, dan psikis. Ken Regby juga menyatakan bahwa faktor penyebab perundungan adalah untuk bersenang-senang, balas dendam atau paksaan geng. Adapun teori penanganan perilaku perundungan penelitian ini berdasarkan teori yang dikemukakan Peter K. Smith, dalam bukunya Understanding School Bullying, selain itu penelitian ini juga menggunakan teori Dan Olweus terkait karakteristik pelaku perundungan dan cara penanganan perilaku perundungan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, tindakan perundungan yang terjadi meliputi tindakan perundungan fisik, verbal dan psikis. Tindakan tersebut terjadi di semua kelas namun dengan porsi dan bentuk tindakan yang berbeda. Kedua, karakteristik pelaku perundungan ialah peserta didik yang memiliki wewenang dan kekuasaan, secara fisik berabadan lebih besar, memiliki penilaian positif terhadap kekerasan dan memiliki geng. Ketiga, dampak yang terlihat juga beragam mulai dari dampak fisik (lebab, benjol dan lecet), dampak verbal (kelas gaduh), serta dampak psikis yakni semangat belajar menurun dan sering menyendiri di dalam kelas. Keempat, keluarga pergaulan, media, dan pendidik merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku perundungan sedangkan, bentuk penanganan diberikan aktifitas pengalih berupa kegiatan ekstrakulikuler, buku bimbingan untuk peserta didik, menjalin kerja sama dengan pakar bidang dalam penangaan perilaku perundungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Munif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perundungan, Jenis Perundungan, Karakteristik Pelaku, Dampak Perundungan, Faktor Penyebab, Penanganan Perundungan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:08
Last Modified: 10 Dec 2018 04:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31926

Actions (login required)

View Item View Item