APLIKASI ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENENTUAN KRITERIA PEMILIHAN BANK SYARIAH TERBAIK STUDI KASUS DI SURAKARTA

AGUS SETIAWAN, NIM. 1420310088 (2018) APLIKASI ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENENTUAN KRITERIA PEMILIHAN BANK SYARIAH TERBAIK STUDI KASUS DI SURAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENENTUAN KRITERIA PEMILIHAN BANK SYARIAH TERBAIK STUDI KASUS DI SURAKARTA)
1420310088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENENTUAN KRITERIA PEMILIHAN BANK SYARIAH TERBAIK STUDI KASUS DI SURAKARTA)
1420310088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih bank Syariah terbaik dengan pendekatan Analytic Hierachy Process. Sehingga dalam melakukan penelitian ini diperlukan responden yang benar-benar kompeten dalam bidangnya khususnya Perbankan Syariah. Subjek penelitian ini adalah anggota Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) karena dianggap sebagai ahli perbankan syariah dan mereka memahami kondisi Bank Syariah di Surakarta. Jumlah responden adalah 30 anggota MES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini dapat menghasilkan enam matriks perbandingan berpasangan dimana setiap persepsi responden telah diklarifikasi secara konsisten dengan menggunakan uji konsistensi dan rasio konsistensi kurang dari 0,1. Penelitian ini mengunakan alat analisis analytic hyrearchy process. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Masyarakat Ekonomi Syariah Surakarta memberikan bobot tertinggi pada kriteria produk untuk mencerminkan suatu Bank Syari’ah terbaik apabila dilihat dari segi produk dengan nilai 0,36. Kemudian service pada posisi kedua dengan bobot 0,27 diikuti Sumber Daya Insani dan Citra masing–masing dengan nilai bobot 0,25 dan 0,12. Kemudian menurut Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), hasil pemetaan posisi Bank Syari’ah terbaik di Surakarta diurutan pertama yang menjadi prioritas adalah Bank BMI yaitu dengan nilai bobot sebesar 1,14 dan untuk urutan kedua adalah Bank BSM yang menjadi alternatif Bank Syari’ah terbaik dengan bobot 0.98. Pada posisi ketiga adalah BNI Syari’ah dilanjutkan pada posisi berikutnya BTN Syari’ah, Syari’ah BRI, dan Danamon Syariah masing – masing dengan bobot 0.55, 0.54, 0.43 dan 0.37. Kata kunci: Bank Syariah Terbaik, Position Mapping, Analytic Hierarchy Process

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Syafiq Mahmadah Hanafi., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah Terbaik, Position Mapping, Analytic Hierarchy Process
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2018 01:34
Last Modified: 21 Dec 2018 01:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31950

Actions (login required)

View Item View Item