PEMAHAMAN ANGGOTA MASTURAH JAMA’AH TABLIGH TERHADAP HADIS RELASI SUAMI ISTRI DALAM HIMPUNAN KITAB FADHILAH AMAL

NURUL FITRIA, NIM. 1520510019 (2018) PEMAHAMAN ANGGOTA MASTURAH JAMA’AH TABLIGH TERHADAP HADIS RELASI SUAMI ISTRI DALAM HIMPUNAN KITAB FADHILAH AMAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA.

[img]
Preview
Text (PEMAHAMAN ANGGOTA MASTURAH JAMA’AH TABLIGH TERHADAP HADIS RELASI SUAMI ISTRI DALAM HIMPUNAN KITAB FADHILAH AMAL)
BAB I,VI,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMAHAMAN ANGGOTA MASTURAH JAMA’AH TABLIGH TERHADAP HADIS RELASI SUAMI ISTRI DALAM HIMPUNAN KITAB FADHILAH AMAL)
BAB II,III,IV,V.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman keagamaan tidak bisa dielakkan dari pengaruh lingkungan sosial dan budaya termasuk di Indonesia. Hal ini meniscayakan lahirnya beragam pemahaman keagamaan di Indonesia baik yang lahir dari Indonesia maupun dari luar seperti Jama’ah Tabligh yang hingga saat ini sudah menjamur di Indonesia. Penanaman ideologi kejama’ahan dalam keluarga tidak luput dari perhatian mereka dan menjadi penting, sebab keluarga merupakan support system utama dalam berdakwah terutama seorang istri. Oleh karenanya, Jama’ah Tabligh melakukan pembinaan terhadap istri yang juga merupakan bagian dari Jama’ah Tabligh yang disebut dengan istilah Masturah. Gerakan ini juga memiliki kitab- kitab yang disusun oleh para pendahulunya yang mereka baca sehari-hari sebagai panduan dan pedoman dalam berdakwah serta beramal sesuai dengan arahan dan ideologi Jama’ah Tabligh. Literatur hadis yang paling sering dipakai dan dijadikan sebagai rujukan utama adalah kitab Faḍāil al-A’māl yang berbahasa asli Urdu yang kemudian diterjemahkan ke berbagai bahasa di antaranya bahasa Indonesia dengan judul Himpunan Kitab Fadhilah Amal. Penelitian ini ingin meneliti tentang bagaimana cara pemaparan dan pengkajian hadis mengenai relasi suami istri dalam Himpunan Kitab Fadhilah Amal. Penelitian ini juga membahas bagaimana pemahaman anggota Masturah Jama’ah Tabligh di Yogyakarta terhadap hadis mengenai relasi suami istri yang tertuang di dalam Himpunan Kitab Fadhilah Amal dan mengapa konstruksi pemahaman mereka yang sedemikian rupa bisa terbentuk. Untuk menjawab hal tersebut, penelitian lapangan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi terhadap anggota Masturah di Provinsi D.I. Yogyakarta yang memiliki kualifikasi untuk merepresentasikan pemahaman kelompok mereka yang disusun secara deskriptif- analitis. Dapat disimpulkan bahwa Pemaparan dan pengkajian hadis mengenai relasi suami istri dalam Himpunan Kitab Fadhilah Amal di kalangan Jama’ah Tabligh tidak terlepas dari bagaimana kitab itu sendiri memaparkan dan menjelaskan hadis-hadis karena pola repetisi kitab yang terus menerus menginternalisasi dalam pemahaman mereka. Terbentuknya pemahaman para anggota masturah yang sedemikian rupa dipengaruhi oleh proses dialektika sosial dimana masing-masing mengalami proses yang berbeda-beda. Di antara faktor yang mempengaruhi pemahaman mereka ini adalah intensitas mereka dengan Jama’ah Tabligh serta Himpunan Kitab Fadhilah Amal. Lama bergabung dalam Jama’ah Tabligh juga ikut mempengaruhi pemahaman anggota masturah terhadap hadis, meskipun hal tersebut tidaklah mutlak menunjukkan keseragaman pola pemahaman mereka terhadap hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurun Najwah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Jama’ah Tabligh, Masturah, Relasi Suami Istri, Himpunan Kitab Fadhilah Amal
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:05
Last Modified: 11 Dec 2018 03:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31964

Actions (login required)

View Item View Item