KISAH NABI MUSA DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF PSIKOLOGI SASTRA (ANALISIS KEPRIBADIAN NABI MUSA TINJAUAN TEORI KEPRIBADIAN)

AHMAD ASHABUL KAHFI, NIM. 1520510035 (2018) KISAH NABI MUSA DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF PSIKOLOGI SASTRA (ANALISIS KEPRIBADIAN NABI MUSA TINJAUAN TEORI KEPRIBADIAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KISAH NABI MUSA DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF PSIKOLOGI SASTRA (ANALISIS KEPRIBADIAN NABI MUSA TINJAUAN TEORI KEPRIBADIAN))
1520510035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KISAH NABI MUSA DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF PSIKOLOGI SASTRA (ANALISIS KEPRIBADIAN NABI MUSA TINJAUAN TEORI KEPRIBADIAN))
1520510035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Kisah Nabi Musa dalam al-Qur’an memiliki banyak kandungan psikolo yang dapat dijadikan pelajaran berharga bagi para pembaca, misalnya ada kepribadian Nabi Musa sebagai tokoh utama dalam kisah tersebut. Tokoh uta adalah salah satu unsur pembentuk karya sastra yang disebut dengan un intrinsik. Sayangnya para mufasir klasik tidak membahas aspek psikologi dal menafsirkan kisah al-Qur’an. Umumnya dalam menafsirkan kisah-kisah al-Qur mereka cenderung mengungkap aspek sejarah dan bahasa, sehingga ban dijumpai penafsiran kisah-kisah al-Qur’an yang dikaitkan dengan data seja maupun keindahan bahasanya. Menurut penulis upaya tersebut justru menjauh kisah al-Qur’an dari tujuan utamanya. Karena kisah-kisah al-Qur’an semesti dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk membentuk sikap kepribadian pembaca yang ideal sebagaimana diteladani dari tokoh utama. Sep pengaruh yang diberikan karya sastra umumnya (novel/cerita) melalui kepribad tokoh-tokoh dalam kisah fiksi. Oleh karena itu untuk dapat mengungkap kandungan psikologi dan sa pada kisah Nabi Musa dalam al-Qur’an digunakan pendekatan psikologi sas Melalui pendekatan ini penulis bermaksud untuk menjawab sejum permasalahan yaitu; 1) Unsur intrinsik kisah Nabi Musa dalam al-Qur’an, Kepribadian Nabi Musa dalam al-Qur’an, dan 3) Kematangan beragama N Musa dalam kisah al-Qur’an. Prosedur yang dilakukan penulis dalam penelit ini adalah terlebih dahulu menyebutkan kisah Nabi Musa dalam al-Qur’ kemudian penulis mencari unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam ki tersebut yaitu: alur, latar, tokoh dan amanat. Langkah berikutnya pen menggunakan teori kematangan kepribadian untuk menggambarkan kepribad Nabi Musa. Terakhir, penulis melakukan analisis kematangan beragama p Nabi Musa. Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut dapat dihasilkan: 1) un intrinsik yang dimiliki dalam kisah Nabi Musa adalah: 1.1) alur kisah Nabi M adalah alur maju, 1.2) latar kisah Nabi Musa terdiri dari: latar tempat yaitu, Me Madyan, Mesir, dan Sinai dan latar waktu yaitu: sore, malam, pagi, 10 tahun, 40 tahun. 1.3) tokoh dalam kisah Nabi Musa adalah: tokoh utama yaitu N Musa dan tokoh pendukung yaitu: Allah, Nabi Harun, Putri Nabi Syu’aib, N Syu’aib, Fir’aun, dan Samiri.1.4) amanat yang terdapat dalam kisah Nabi M yaitu kesungguhan dan kesabaran dalam menghadapi setiap permasalahan a mendatangkan kesuksesan, terutama jika mengoptimalkan kedekatan den Allah. 2. Nabi Musa adalah pribadi yang matang berdasarkan enam krit kematangan kepribadian menurut Allport yaitu: 2.1) perluasan perasaan diri, hubungan diri yang hangat dengan orang lain, 2.3) keamanan emosional, memiliki persepsi realitas, 2.5) memiliki pemahaman diri, 2.6) filsafat hidup y mempersatukan. 3. Nabi Musa memiliki kematangan beragama berdasarkan as kematangan beragama menurut Allport, yaitu: 3.1) diferensiasi yang baik, motivasi kehidupan beragama yang dinamis, 3.3) konsisten, 3,4) komprehen 3.5) integral, dan 3.6) heuristik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nabi Musa, Psikologi Sastra, Kepribadian
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:43
Last Modified: 11 Dec 2018 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31966

Actions (login required)

View Item View Item