FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INDIVIDU TERHADAP FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) SYARIAH (PAYTREN) SEBAGAI SALAH SATU ALAT TRANSAKSI PEMBAYARAN (PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB))

SITTI NUR ANNISA AMALIA, NIM. 1520310085 (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INDIVIDU TERHADAP FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) SYARIAH (PAYTREN) SEBAGAI SALAH SATU ALAT TRANSAKSI PEMBAYARAN (PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INDIVIDU TERHADAP FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) SYARIAH (PAYTREN) SEBAGAI SALAH SATU ALAT TRANSAKSI PEMBAYARAN (PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)))
1520310085_ BAB-I_IV_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INDIVIDU TERHADAP FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) SYARIAH (PAYTREN) SEBAGAI SALAH SATU ALAT TRANSAKSI PEMBAYARAN (PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)))
1520310085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tesis ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat memepengaruhi Minat (Intention to Use) dalam menggunakan Aplikasi PayTen sebagai alat pembayaran elektronik. Penelitian ini menggunakan integrasi teori yaitu Theory Acceptance Model (TAM), Theory Planed Behavior (TPB). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat seorang konsumen dalam menggunakan aplikasi PayTren sebagai alat transaksi ataupun pembayaran elektronik dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Theory Planed Behavior (TPB). Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dan eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner online menggunakan google form dan disebar ke komunitas/pengguna Paytren. Dalam pengujian Hipotesis ini menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) untuk membuktikan dan mengevaluasi pengaruh hipotesis penelitian. Sebanyak 199 sampel diambil dan dianalisis dengan menggunakan Structual Equation Model (SEM). Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 3.2.7 Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa minat dalam menggunakan aplikasi Paytren sebagai alat transaksi pembayaran dipengaruhi oleh Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness) dan Sikap (Attitude). Ketika Pengguna semakin merasakan manfaat dan kemudahaan bertransaksi menggunakan aplikasi PayTren, maka hal ini akan menimbulkan perasaan yang kuat juga untuk berminat dalam melakukan kembali transaksi secara terus menerus pada aplikasi PayTren. Persepsi Kemudahan Penggunaan (PEOU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Persepsi Manfaat (PU) dengan besar kontribusi sebesar 64,4%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi persepsi masyarakat terhadap kemudahan aplikasi paytren maka semakin tinggi persepsi masyarakat terhadap kegunaan paytren, begitupun sebaliknya. Sedangkan Pengaruh SN terhadap persepsi manfaat (PU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel PU dengan besar pengaruh 9,7%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi norma subjektif terhadap aplikasi paytren maka semakin tinggi persepsi masyarakat terhadap kegunaan paytren, bisa dikatakan Norma subjective baik interpersonal maupun pengaruh lingkungan, ataupun opini-opini dari tokoh tertentu akan dapat membentuk persepsi manfaat dari sebuah produk. Persepsi Kemudahaan Penggunaan (PEOU) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel sikap konsumen dalam menggunakan Paytren (A). Sama halnya dengan Persepsi Manfaat (PU) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap (A) dengan besar kontribusi sebesar 35,1%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen mempresepsikan manfaat yang di dapat dalam penggunaan produk Paytren yaitu diantara lain berupa sedekah, penyelesaian transaksi yang lebih cepat, keuntungan yang didapat berupa diskon, dapat mempengaruhi sikap konsumen. Kata Kunci : Theory Acceptance Model (TAM), Theory Planed Behavior (TPB), Stuctural Equation Modeling (SEM), Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness), Sikap (Attitude)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. H. ABDUL MUJIB, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Theory Acceptance Model (TAM), Theory Planed Behavior (TPB), Stuctural Equation Modeling (SEM), Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness), Sikap (Attitude)
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Keuangan dan Perbankan Syariah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2018 08:36
Last Modified: 21 Dec 2018 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum