ANALISIS KUALITAS PELAYANAN HAJI TERHADAP KEPUASAN JAMAAH HAJI INDONESIA (Studi Kasus Pada Jamaah Haji Kota Ternate Periode Haji Tahun 2015 dan 2016)

Irwan Hamadi, NIM: 1520310092 (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN HAJI TERHADAP KEPUASAN JAMAAH HAJI INDONESIA (Studi Kasus Pada Jamaah Haji Kota Ternate Periode Haji Tahun 2015 dan 2016). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN HAJI TERHADAP KEPUASAN JAMAAH HAJI INDONESIA (Studi Kasus Pada Jamaah Haji Kota Ternate Periode Haji Tahun 2015 dan 2016))
1520310092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN HAJI TERHADAP KEPUASAN JAMAAH HAJI INDONESIA (Studi Kasus Pada Jamaah Haji Kota Ternate Periode Haji Tahun 2015 dan 2016))
1520310092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang memiliki kemampuan (material, fisik dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan ibadah di beberapa tempat di Arab Saudi atau sering kita dengar dengan nama musim haji atau bulan Zulhijah. Haji merupakan rukun Islam yang kelima setelah syahadat, sholat, zakat dan puasa. Di Indonesia pelayanan haji dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini dibebankan pada kantor Kementerian Agama. Jamaah haji Indonesia adalah jamaah terbesar, bahkan hampir sekitar 10% dari jumlah seluruh jamaah haji sedunia. Sistem penyelenggaraan haji di Indonesia sepenuhnya di tangan pemerintah, yaitu kantor Kementerian Agama. Monopoli ini dalam sejarahnya diberlakukan karena ada kekhawatiran bahwa pelaksanaan oleh lembaga swasta akan menimbulkan kekisruhan. Seperti halnya yang terjadi pada tahun 2016 banyak calon jamaah haji yang tertipu karena tidak sedikit yang sudah menyetor tapi tidak jadi diberangkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini adalah kuantitatif yaitu angka-angka atau besaran tertentu yang sifatnya pasti sehingga data dapat dianalisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jamaah haji Kota Ternate tahun 2015-2016 sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah jamaah haji Kota Ternate yang telah melakukan haji tahun 2015-2016 yang tidak buta huruf dan bersedia dijadikan sampel penelitian. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner dengan skala Likert 1-5. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan haji yang diberikan Kantor Kementerian Agama Kota Ternate dalam hal penyelenggaraan haji reguler sudah sangat baik. Jamaah haji dan calon jamaah haji merasa aman dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan pegawai seksi penyelenggaraan haji. Untuk prosedural pendaftaran juga sudah baik dan calon jamaah haji sudah mampu memahami aturan yang ada. Dalam hal bimbingan manasik haji sudah sangat baik karena dengan manasik yang dilaksanakan para jamaah selain mendapat materi tentang haji dan apa saja yang harus dilakukan selama di tanah air dan tanah suci, Pemeriksaan kesehatam sudah cukup baik, karena seluruh jamaah dapat bekerja sama dengan baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Kementerian Agama Kota Ternate telah melayani jamaah haji dengan baik sesuai dengan peraturan pemerintah dan syariat Islam. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan jamaah haji Kota Ternate adalah faktor ketanggapan pegawai Kementerian Agama Kota Ternate. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Jamaah Haji.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Riyanta M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Jamaah Haji.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2018 01:36
Last Modified: 21 Dec 2018 01:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31968

Actions (login required)

View Item View Item