PENDIDIKAN DASAR PADA DAERAH TERTINGGAL ( STUDI DI SDN INPRES KECIL SALENA KELURAHAN BULURI KECAMATAN ULUJADI SULAWESI TENGAH)

KULIAWATI, NIM. 1620420040 (2018) PENDIDIKAN DASAR PADA DAERAH TERTINGGAL ( STUDI DI SDN INPRES KECIL SALENA KELURAHAN BULURI KECAMATAN ULUJADI SULAWESI TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN DASAR PADA DAERAH TERTINGGAL ( STUDI DI SDN INPRES KECIL SALENA KELURAHAN BULURI KECAMATAN ULUJADI SULAWESI TENGAH))
1620420040_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN DASAR PADA DAERAH TERTINGGAL ( STUDI DI SDN INPRES KECIL SALENA KELURAHAN BULURI KECAMATAN ULUJADI SULAWESI TENGAH))
1620420040_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan di SDN Inpres Kecil Salena Kelurahan Buluri Kecamatan Ulujadi Palu Sulawesi Tengah yang merupakan salah satu daerah terpencil dan terasing.Rumusanmasalah dalam penelitian iniialahPertama, apa kurikulum yang digunakan di sekolah ini. Kedua, bagaimana sumber daya manusia di sekolah ini. Ketiga, bagaimana karakter dan budaya di sekolah ini. Keempat, bagaimana peningkatan religiusitas masyarakat. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena dapat mengetahui permasalahan pendidikan yang terjadi di daerah terpencil. Penelitian ini bersifat kualitatif yang dilakukan di SDN Inpres Kecil Salena Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan cara observasi, dalam hal ini peneliti akan mengamati guru dalam menggunakan kurikulum yang berlaku di sekolah, mengamati sumber daya manusia di sekolah, mengamati karakter dan budaya serta peningkatan religiusitas masyarakat. Wawancara, peneliti akan bertanya bagaimana pengelolaan pendidikan melalui kurikulum, sumber daya manusia, karakter dan budaya serta peningkatan riligiusitas masyarakat. Dokumentasi, dokumen yang penulis teliti adalah dokumen yang berkaitan dengan kurikulum yang digunakan di sekolah (KTSP: silabus, RPP, PROSEM dan PROTA), sumber daya manusia, karakter dan budaya serta peningkatan religiusitas masyarakat di SDN Inpres Kecil Salena. Hasil dari penelitian ini adalah pada aspek pertama kurikulum. Kurikulum yang digunakan adalah KTSP, belum sepenuhnya kurikulum KTSP diterapkan di sekolah, guru-guru belum memahami pengembangan silabus sehingga menyalin silabus dari sekolah lain, terkadang mengajar tidak berdasarkan RPP yang disusun.Pada aspek sumber daya manusia, di SDN inpres Kecil Salena sumber daya manusia belum memenuhi standar karena banyak yang mengajar tidak sesuai jurusannya. Langkah yang diambil oleh kepala sekolah untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melakukan manajemen sumber daya manusia. Pada aspek karakter dan budaya. Masyarakat Salena memiliki karakter yang unik, kasar, kurang peduli. Aspek budaya, yaitu agama, bahasa, suku, adat. Aspek yang terakhir adalah peningkatan religiusitas masyarakat. Pada aspek peningkatan religiusitas masyarakat adalah memperbaiki keyakinan masyarakat terhadap keyakinannya yang baru yaitu, yang meliputi pengajaran akan adanya Tuhan yaitu Allah SWT, mengajarkan dasar-dasar agama islam seperti shalat, puasa, zakat dan haji. Mengajarkan cara berwudhu dan mandi serta membaca Alqur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H.Radjasa,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar, Daerah Tertinggal
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Dec 2018 04:38
Last Modified: 11 Dec 2018 04:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31975

Actions (login required)

View Item View Item