HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK MTs DI DAERAH PESISIR KABUPATEN SANGIHE ( PROVINSI SULAWESI UTARA)

Ekawati Sarjat Rukmana, NIM. 1520310095 (2018) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK MTs DI DAERAH PESISIR KABUPATEN SANGIHE ( PROVINSI SULAWESI UTARA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK MTs DI DAERAH PESISIR KABUPATEN SANGIHE ( PROVINSI SULAWESI UTARA))
11120090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK MTs DI DAERAH PESISIR KABUPATEN SANGIHE ( PROVINSI SULAWESI UTARA))
11140025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan latar belakang penelitian ini bahwa rendahnya tingkat pendidikan dan ketidak tahuan orang tua dalam mendidik anak, membuat para orang tua masyarakat pesisir mengabaikan hak-hak anak, dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja serta kurangnya prhatian kepada anak. sehingga berdampak pada akhlak atau perilaku anak. bukan hanya itu, Para orang tua juga beranggapan bahwa mereka menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak pada guru-guru, karena anak mereka lebih pantas dididik di sekolah. Sama halnya dengan pendidikan akhlak orang tua begitu tak mempedulikan sehingga orang tua tidak mengetahui seperti apa akhlak anak-anak mereka di sekolah. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa hubungan antara pola asuh permisif serta tingkat pendidikan orang tua terhadap akhlak peserta didik. Penelitian dilakukan pada tiga sekolah MTs. Hipotesisi yang diajukan adalah terdapat hubungan signifikan antara pola asuh permisif, tingkat pendidikan otang tua terhahadap akhlak peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Kabupaten Kepulauan Sangihe berjumlah 263 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data seluruhnya menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 20. Dari hasil analisis penelitian di peroleh kesimpulan bahwa hubungan negatif antara pola asuh permisif dan akhlak peserta didik diperoleh nilai r sebesar -0,224, yang berarti memiliki korelasi antara kedua variabel X1 dan Y1. Sedangkan untuk hasil nilai signifikannya sebesar 0,001 kurang dari 0,05, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh permisif dengan akhlak peserta didik. tingkat pendidikan orang tua dengan akhlak peserta didik dengan nilai signifikan p= 0,011, nilai sig dari regresi linier berganda sebesar 0,006 kurang dari 0,05 dan hasil model regresi yang telah di tetapkan bahwa pendidikan orang tua berkontribusi sebesar 3.415. Artinya pendidikan orang tua berbanding lurus. Kemudian untuk menunjukan kebaikan model maka dapat di lihat dari hasil analisis regresi berganda, dimana diperoleh nilai R squer sbesar 0,083 yang artinya 8,3% variabel pola asuh permisif dan pendidikan orang tua dapat menjelaskan variabel akhlak, sedangkan sisanya sebesar 91,7% di jelaskan oleh variabel lain yang berada di luar model. Kata kunci: Pola Asuh Permisif, Tingkat Pendidikan Orang tua, Akhlak Peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S. Psi., M. Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Permisif, Tingkat Pendidikan Orang tua, Akhlak Peserta didik.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2018 08:36
Last Modified: 21 Dec 2018 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31978

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum