URGENSI PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK DALAM PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 (PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH)

RAMDAN WAGIANTO, NIM: 1520311013 (2018) URGENSI PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK DALAM PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 (PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (URGENSI PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK DALAM PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 (PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH))
1520311013_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (URGENSI PENCEGAHAN PERKAWINAN PADA USIA ANAK DALAM PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 36 TAHUN 2015 (PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH))
1520311013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-Terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul pada 2015 telah mengeluarkan kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 36 tahun 2015 Tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak. Peraturan tersebut hadir dilatarbelakangi dengan perkawinan pada usia anak di Kabupaten Gunungkidul yang masih relatif tinggi dan berbagai dampak yang mengiringinya. Penyusun merasa perlu untuk melakukan kajian lebih mendalam terhadap peraturan tersebut melalui pendekatan yuridis-filosofis yang harapanya nilai-nilai hakiki dan hikmah yang terkandung dapat ditemukan. Dalam penelitian ini ada dua masalah yang menjadi fokus kajian penyusun, yaitu pertama, latarbelakang terbitnya peraturan bupati, dan kedua, pencegahan perkawinan pada usia anak dalam perspektif maqasid asy-syari’ah dan relevansinya dengan hakikat perkawinan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan sifat kualitatif desktiptif analitik dan menggunakan pendekatan yuridis-filosofis. Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 36 Tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak adalah data primer penelitian ini dengan didukung buku-buku dan penelitian yang berkaitan sebagai data sekundernya. Adapun hasil penelitiannya bahwa latarbelakang munculnya Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 36 tahun 2015 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak adalah untuk mewujudkan kabupaten yang makmur dan sejahtera, tingginya perkawinan pada usia anak, dan luasnya dampak yang diakibatkan dari perkawinan usia anak. Selanjutnya, pencegahan perkawinan pada usia anak mengandung nilai maslahah. Dengan menggunakan analisis maqasid asy-syariah bahwa pencegahan perkawinan pada usia anak mempunyai relevansi dengan nilai-nilai hifz an-nasl (pemeliharaan atau kepeduliaan keluarga), hifz al-nafs (pemeliharaan terhadap jiwa) dan hifz al’ird (pemeliharaan terhadap harga diri manusia), hifz al-‘aql (mengutamakan perjalanan untuk mencari ilmu pengetahuan, menghindari upaya-upaya meremehkan kinerja otak), dan hifz al-mal (meningkatkan perekonomian). Peraturan bupati tentang pencegahan perkawinan pada usia anak juga mempunyai relevansinya dengan hakikat perkawinan yaitu sebagai langkah strategis dalam mempersiapkan terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah, karena secara tidak langsung melalui peraturan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan diri dan jiwa seseorang sebelum mengarungi bahtera rumah tangga. Sedangkan pada tataran implementasinya adalah untuk lebih mengefektifkan peraturan yang telah dibuat perlu ada upaya meningkatkan intensitas sosialisasi tentang perbup pencegahan perkawinan usia anak kepada masyarakat, termasu diantaranya mensosialisasikan keberhasilan kecamatan-kecamatan dalam melaksanakan upaya pencegahan perkawinan usia anak kepada kecamatan lainnya supaya menjadi motivasi untuk berbenah diri. Kata Kunci: Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak, Maqasid asy-Syari’ah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, MA. 2. Dr. Ahmad Bunyan Wahib, MA.
Uncontrolled Keywords: Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak, Maqasid asy-Syari’ah
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Hukum Keluarga
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2018 08:39
Last Modified: 21 Dec 2018 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31983

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum