IMPLEMENTASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI STUDI DI DP3AKB KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARI’AH

Ahmad Syaerozi, NIM: 1620310021 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI STUDI DI DP3AKB KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARI’AH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI STUDI DI DP3AKB KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARI’AH)
1620310021_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL (BKKBN) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI STUDI DI DP3AKB KABUPATEN LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARI’AH)
1620310021_BAB II, III, DAN IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah field research, dengan pendekatan yuridis empiris.Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi PUP di Kabupaten Lombok Timur oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), kemudian apa sajakah kendala yang dihadapi dan bagaimana PUP tersebut jika dilihat dari sudut pandang Maqāṣid Syari’ah. Hal ini menjadi menarik untuk dilihat mengingat masyarakatnya lebih mendengar perkataan tuan guru daripada pejabat atau pegawai pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan sudut pandang Maqāṣid Syari’ah namun, mengingat PUP ini adalah kebijakan dari BKKBN maka menarik untuk mengkaji landasan hukum serta melihatnya dari sisi kebijakan publik. Dari hasil penelitian bahwa Dinas Pemberdayaan Prempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Lombok Timur dalam mengimplementasikan Program PUP belum maksimal. Adapun tahapan yang dilakukan dengan mensosialisasikannya masyarakat, kemudian membentuk kelompok, pemberian materi, pelaksanaan kegiatan dan pembentukan awig— awig. Sosialisasi mengenai program PUP ini tidak berjalan mulus, justru banyak mendapat halangan yang dihadapi oleh DP3AKB. Halangan tersebut misalnya datang dari para tokoh agama, dari KUA yang lebih tepat dikatakan bahwa KUA mengalami dilema tersendiri dengan adanya PUP ini. Kemudian pengaruh agama yang masih memandang balig sebagai kebolehan untuk menikah tanpa melihat kesiapan dari segi fisik dan mental para calon mempelai, adat setempat, pendidikan dan informasi yang kurang memadai. Padahal jika dilihat dari sisi manfaatnya maka PUP ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, karena tujuannya sesuai dengan Maqāṣid Syari’ah yaitu menjaga jiwa dan keturunan. Keyword: Pendewasaan Usia Perkawinan, Kesehatan Reproduksi, Implementasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Siti Fatimah, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pendewasaan Usia Perkawinan, Kesehatan Reproduksi, Implementasi.
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Hukum Keluarga
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 08:51
Last Modified: 12 Dec 2018 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31996

Actions (login required)

View Item View Item