MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DI KELAS VIII MTS AL-MA'HAD AN-NUR BANTUL

ANNISAA RAHMATIKA NIM. 03430365, (2009) MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DI KELAS VIII MTS AL-MA'HAD AN-NUR BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DI KELAS VIII MTS AL-MA'HAD AN-NUR BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN EFEKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS DI KELAS VIII MTS AL-MA'HAD AN-NUR BANTUL)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ma'had An-Nur Bantul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di MTs Al-Ma'had An-Nur Bantul semester ganjil tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, jurnal harian, angket siswa dan guru, waancara tidak terstuktur, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, triangulasi dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika konstruktivis dengan metode penemuan yang melibatkan siswa secara aktif, mendorong siswa untuk mengajukan banyak pertanyaan, menghargai pendapat temannya, menemukan dan menerapkan konsep, mengkonstruksi pengetahuan yang telah dimilikinya dapat meningkatkan kreativitas siswa. (2) Pelaksanaan pembelajaran konstruktivis dengan metode pada siswa kelas VIII di MTs Al- Ma'had An-Nur Bantul dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran konstruktivis dengan metode penemuan meliputi beberapa komponen, yaitu perumusan masalah, menganalisis masalah dan menyusun konjektur, serta verbalisasi konjektur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Edi Prajitno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Konstruktivis, Kreativitas, Efektivitas
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 18:07
Last Modified: 14 Dec 2016 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item