PENGARUH KONSELING KELOMPOK DAN KONSELING SEBAYA TERHADAP SIKAP KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) REMAJA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ YOGYAKARTA

Nurintan Muliani Harahap, NIM: 1620310074 (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DAN KONSELING SEBAYA TERHADAP SIKAP KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) REMAJA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KONSELING KELOMPOK DAN KONSELING SEBAYA TERHADAP SIKAP KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) REMAJA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KONSELING KELOMPOK DAN KONSELING SEBAYA TERHADAP SIKAP KETERBUKAAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) REMAJA DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ YOGYAKARTA)
11140025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Sikap keterbukaan diri remaja Panti Asuhan yang diasumsikan sangat rendah sehingga membuat pengasuh serta para pegawai Panti Asuhan ingin menggali permasalahan dan membantu apa yang terjadi di dalam diri remaja Panti Asuhan. Maka dibentuklah sebuah wadah yang bertujuan untuk melihat sikap keterbukaan diri remaja Panti Asuhan yaitu dengan cara menerapkan konseling kelompok dan konseling sebaya di Panti Asuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh antara konseling kelompok dan konseling sebaya terhadap sikap keterbukaan diri (self-disclosure) remaja Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian analisis regresi dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah remaja Panti Asuhan Nurul Haq laki-laki dan perempuan yang pernah mengikuti konseling kelompok dan sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 61 remaja taraf kesalahan 5%. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Untuk menguji kelayakan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara konseling kelompok dan konseling sebaya terhadap sikap keterbukaan diri (selfdisclosure) remaja Panti Asuhan Nurul Haq Yogyakarta. Konseling kelompok (X1) memberikan konstribusi sebesar 23,0%, konstribusi konseling sebaya (X2) sebesar 58,0%, dan konstribusi keduanya secara bersama-sama sebesar 51,9% sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian seperti teman dekat, lingkungan, kepribadian, besarnya kelompok, jenis kelamin, perasaan menyukai, dan sarana-prasarana yang turut mendukung. Dari semua faktor yang berpengaruh terhadap sikap keterbukaan diri remaja juga dibutuhkan strategi dan upaya yang gigih dalam belajar. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Konseling Sebaya, Sikap Keterbukaan Diri (self-disclosure).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Konseling Sebaya, Sikap Keterbukaan Diri (self-disclosure).
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Dec 2018 08:43
Last Modified: 28 Dec 2018 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum