DISFUNGSI KELUARGA DAN RESILIENSI PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MAGELANG (STUDI KASUS ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KABUPATEN MAGELANG)

INDAH MASRUROH, NIM. 1520011018 (2018) DISFUNGSI KELUARGA DAN RESILIENSI PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MAGELANG (STUDI KASUS ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KABUPATEN MAGELANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISFUNGSI KELUARGA DAN RESILIENSI PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MAGELANG (STUDI KASUS ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KABUPATEN MAGELANG))
1520011018_BAB-I_IV-atauV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (DISFUNGSI KELUARGA DAN RESILIENSI PADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MAGELANG (STUDI KASUS ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KABUPATEN MAGELANG))
1520011018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan ditujukan pada kualitas kehidupan seluruh masyarakat yang baik. Kualitas kehidupan tersebut dilihat dari kualitas keluarga yang terbentuk dan mempengaruhi kualitas masing-masing individu didalamnya. Keluarga yang berfungsi dengan baik akan membentuk individu-individu yang kuat dan tangguh terhadap segala macam bentuk permasalahan dan ancaman. Karena pembentukan resiliensi anak terjadi sejak anak lahir didalam keluarga itu sendiri. Lalu bagaimana dengan anak yang berada pada keluarga disfungsi? Dimana disisi lain anak tersebut telah menjadi korban kekerasan seksual? Bermula pada kegelisahan tersebut peneliti kemudian tertarik untuk mengkaji mengenai bagaimana disfungsi keluarga dapat mempengaruhi resiliensi pada anak terutama anak yang telah menjadi korban kekerasan seksual di Kabupaten Magelang. Rumusan masalah pada penelitian ini, 1). Bagaimana pengaruh disfungsi keluarga terhadap anak korban kekerasan dalam studi kasus Kekerasan Seksual Anak (KSA). 2). Bagaimana upaya anak untuk menumbuhkan resiliensinya dalam menghadapi kondisi disfungsi keluarga tersebut?. Tujuannya menemukan adanya pengaruh keluarga yang disfungsi terhadap perkembangan psikososial pada anak yang telah menjadi korban kekerasan seksual dan dapat mendeskripsikan dampak perubahan tersebut pada perilaku maupun mental psikososial anak. Selain itu juga mampu menemukan bentuk resileinsi anak korban KSA tersebut selama menghadapi adversitynya. Motede Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validitas datanya dengan trianggulasi sedangkan analisis datanya dengan menggunakan model analisis data yang mencangkup tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada dua studi kasus anak korban KSA yang diteliti ditemukan bahwa keduanya (Rani dan Syifa) memang mengalami disfungsi keluarga. Disfungsi tersebut terjadi karena tidak adanya fungsi peran orang tua yang memberikan perlindungan, pendidikan, fungsi perawatan, sosialisasi, dukungan emosional dan pemenuhan ekonomi. Dengan demikian Rani dan Syifa menjadi anak yang rentan karena tidak mendapatkan perlindungan dan fungsifungsi yang seharusnya dipenuhi sejak kecil dan berakibat pada saat remaja dimana terjadinya pelecehen dan kekerasan seksual yang menimpa keduanya. Mengalami masa-masa sulit tersebut muncul resiliensi pada Rani dan Syifa diantaranya adanya kemampuan meregulasi emosi terhadap permasalahan yang ada, adanya sikap yang mampu mengendalikan impuls, kemampuan mengafiksasi diri. Selain itu muncul pula sifat-sifat positif seperti sifat optimis, sifat empati, dan memiliki rencana untuk dapat mencapai tujuan hidup

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muhrisun, M.Ag, MSW.,
Uncontrolled Keywords: Disfungsi keluarga, Anak Korban, Kekerasan seksual
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Dec 2018 09:49
Last Modified: 14 Dec 2018 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32019

Actions (login required)

View Item View Item