PERAN PENDAMPING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS BAYAT KABUPATEN KLATEN

SUSANTA, NIM. 1520011021 (2018) PERAN PENDAMPING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS BAYAT KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS BAYAT KABUPATEN KLATEN)
1520011021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDAMPING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG KESEHATAN DI PUSKESMAS BAYAT KABUPATEN KLATEN)
1520011021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Peran Pendamping Program Keluarga Harapan dalam bidang kesehatan di Puskesmas Bayat. Judul tesis tersebut dilatarbelakangi sebuah bentuk keberhasilan Keluarga Penerima Manfaat dalam menjaga kesehatan anak dan keluarganya, terlihat dari keaktifan Keluarga Penerima Manfaat dalam melaksanakan program-program kesehatan yang diadakan oleh puskesmas serta program yang diadakan oleh pendamping PKH Kecamatan Bayat. seperti rajin menimbangkan anaknya di posyandu, senam untuk ibu hamil, penyuluhan kesehatan oleh pendamping PKH Kecamatan Bayat. Terbukti kini anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik, menurunnya angka gizi buruk pada balita, menurunnya angka kematian ibu dan anak pada proses persalinan di Bayat. Untuk menjawab penelitian tersebut peneliti melakukan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek pelaksana PKH yaitu pendamping PKH, observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan yang diambil berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan PKH sebagai unit pengelola telah dapat melaksanakan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya dengan baik. PKH Kecamatan Bayat mampu menciptakan sinergitas kerja sehingga dapat menciptakan mekanisme kerja yang sesuai dengan birokrasi kerja yang efektif dan efisien. Kegiatan pendukung juga telah dilakukan guna menunjang keberhasilan program. Dari sisi KPM, tingkat kepatuhan dan komitmen terbukti menunjukkan keberhasilan program bagi keluarga miskin. Hal tersebut sebagai bentuk kerja keras PKH pendamping sebagai fasilitator, mediator, koordinator dan advokasi sosial sehingga menjadi inti keberhasilan program. Meskipun disadari ada beberapa kendala yang dihadapi pendamping antara lain KPM tidak datang ke layanan faskes, peserta merantau keluar kota dan respon materi tentang kesehatan kurang diperhatikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Harini, Sg. MSi,
Uncontrolled Keywords: Kesehatan KPM, PKH, Petugas Kesehatan Bayat
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Dec 2018 10:30
Last Modified: 14 Dec 2018 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item View Item