PENGARUH WAKTU PEMBELAJARAN DAN SUASANA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Mohammad Agus Prayitno NIM. 05440023, (2009) PENGARUH WAKTU PEMBELAJARAN DAN SUASANA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul pengaruh waktu pembelajaran dan suasana kelas terhadap prestasi belajar kimia siswa bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (a) waktu pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia apabila suasana kelas dikendalikan secara statistik, (b) suasana kelas terhadap prestasi belajar kimia siswa apabila waktu pembelajaran dikendalikan secara statistik, serta (c) waktu pembelajaran dan suasana kelas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester I SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009 sebanyak 5 kelas dengan jumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purpossive sampling. Teknik pengumpulan data suasana kelas dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan angket, sedangkan untuk prestasi belajar kimia siswa menggunakan soal tes prestasi belajar kimia dengan jenis tes multiple choice. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor (regresi ganda). Persamaan regresi yang diperoleh: Y = -0.626 X1 + 0,678X2 – 1,38. Harga koefisien korelasi ganda (ry 1-2) sebesar 0,179 dan harga koefisien determinasi (ry 1-2) sebesar 0,032. Harga koefisien korelasi jenjang pertama, (ry 1-2) sebesar -0,153 dan (ry 2-1)sebesar 0,123. Harga kedua r hitung tersebut lebih kecil dari r tabel pada taraf signifikasi 5% (0,235). Sumbangan Relatif (SR) waktu pembelajaran (X1) sebesar 63,3% dan sumbangan Relatif (SR) suasana kelas (X2) sebesar 36,7%. Sumbangan Efektif (SE) waktu pembelajaran (X1) sebesar 2,026% dan Sumbangan Efektif (SE) suasana kelas (X2) sebesar 1,174%. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (a) tidak ada pengaruh yang signifikan antara waktu pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia siswa apabila suasana kelas dikendalikan secara statistik, (b) tidak ada pengaruh yang signifikan antara suasana kelas terhadap prestasi belajar kimia siswa apabila waktu pembelajaran dikendalikan secara statistik, dan (c) tidak ada pengaruh yang signifikan antara waktu pembelajaran dan suasana kelas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa. Dengan demikian waktu pembelajaran dan suasana kelas yang selama ini dipercaya dapat mempengaruhi prestasi belajar tidak perlu terlalu dipertimbangkan, tetapi juga tidak boleh diabaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Das Salirawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Waktu Pembelajaran, Suasana Kelas, Prestasi Belajar.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item