UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA

Enggal Rizki Warsaningtyas, NIM. 11680003 (2018) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA)
11680003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL CUPs (Conceptual Understanding Procedures) DISERTAI MEDIA REALIA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP N 14 YOGYAKARTA)
11680003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitin Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran CUPs (Conteptual Understanding Procedures ) dilengkapi media Realia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: a) antusian siswa memperhatikan guru dari 26% menjadi 52,9% , b) aktif mengemukakan pendapat dari 11,7% menjadi 38, 23% , c) mengajukan pertanyaan dari 14,7% menjadi 55, 88% , d) aktif melakukan percobaan dari 0% menjadi 82% , e) aktif mencari bahan dari berbagai sumber dari 11,7% menjadi 41, 17%. (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator peningkatan selisih rerata nilai posttest 1, 48 . Kata kunci: model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Widodo
Uncontrolled Keywords: model CUPs (Conceptual Understanding Procedures), media Realia, minat, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:55
Last Modified: 17 Dec 2018 03:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32050

Actions (login required)

View Item View Item