PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU DAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MA AL-JAUHAR SEMIN GUNUNG KIDUL

Annisa Afiyati, NIM. 11680044 (2018) PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU DAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MA AL-JAUHAR SEMIN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU DAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MA AL-JAUHAR SEMIN GUNUNG KIDUL)
11680044_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN GURU DAN PARTISIPASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MA AL-JAUHAR SEMIN GUNUNG KIDUL)
11680044_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pengajaran guru dan partisipasi belajar biologi siswa di MA Al-Jauhar Semin Gunung Kidul dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas XI B yang berjumlah 25 orang. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Pembelajaran pada siklus 1 menggunakan pendekatan CTL yang menekankan pada konsep. Tindakan siklus 2 menggunakan CTL disertai praktikum sederhana. Tindakan siklus 3 menggunakan CTL berbasis jelajah alam sekitar (JAS). Data penelitian diperoleh dari lembar observasi profesionalisme pengajaran guru dan partisipasi belajar biologi siswa, hasil nilai ulangan harian, catatan lapangan, foto dan video. Data dianalisa secara kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL terbukti dapat meningkatkan profesionalisme pengajaran guru dan partisipasi belajar biologi siswa. Rata-rata yang diperoleh untuk profesionalisme pengajaran guru pada siklus 1 sebesar 89%, siklus 2 sebesar 83%, siklus 3 sebesar 86%. Profesionalisme menurun pada siklus 2 dikarenakan terbatasnya waktu belajar sehingga guru tidak dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran. Untuk partisipasi belajar siswa diperoleh rata-rata siklus 1 sebesar 67%, siklus 2 sebesar 75% dan siklus 3 sebesar 87%. Dan berdampak pada nilai ulangan harian dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 60%. Kata Kunci: Profesionalisme pengajaran, Partisipasi Belajar, CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme pengajaran, Partisipasi Belajar, CTL.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 11:35
Last Modified: 17 Dec 2018 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32057

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum