PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Rita Indriya Sari, NIM. 11680045 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI)
11680045_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI)
11680045_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis role playing (role playing, ceramah, diskusi dan praktikum; role playing disertai mind mapping, ceramah, diskusi dan praktikum; serta ceramah, diskusi dan praktikum) pada materi sistem peredaran darah manusia terhadap minat dan hasil belajar biologi.Penelitian ini termasuk penelitian quasy experimen dengan desain penelitian control group posttest-only design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah 3 kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I (Role Playing, Mind Mapping ,ceramah, diskusi dan praktikum), VIII C sebagai kelas eksperimen II (Role Playing, ceramah, diskusi, praktikum), dan VIII D sebagai kelas kontrol (ceramah, diskusi dan praktikum). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan test. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Anova. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) penggunaan model pembelajaran berbasis role playing (role playing, ceramah, diskusi dan praktikum; role playing disertai mind mapping, ceramah, diskusi dan praktikum; serta ceramah, diskusi dan praktikum) berpengaruh terhadap minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji one way anova yang mempunyai nilai Asymp.sig sebesar 0,002 < 0,05. (2) penggunaan model pembelajaran berbasis role playing (role playing, ceramah, diskusi dan praktikum; role playing disertai mind mapping, ceramah, diskusi dan praktikum; serta ceramah, diskusi dan praktikum) tidak berpengaruh terhadap minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji one way anova yang mempunyai nilai Asymp.sig sebesar 0,585 < 0,05 Kata Kunci : Role Playing. Mind Mapping, materi sistem peredaran darah manusia, minat dan hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I, M.Si
Uncontrolled Keywords: Role Playing. Mind Mapping, materi sistem peredaran darah manusia, minat dan hasil belajar biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:19
Last Modified: 17 Dec 2018 07:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32060

Actions (login required)

View Item View Item