Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai Alat Peraga Mikroskop Smartphone Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII di SMPN 4 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018

Adika Fitri Ningsih, NIM. 13680004 (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai Alat Peraga Mikroskop Smartphone Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII di SMPN 4 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai Alat Peraga Mikroskop Smartphone Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII di SMPN 4 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018)
13680004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97MB) | Preview
[img] Text (Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai Alat Peraga Mikroskop Smartphone Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII di SMPN 4 Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018)
13680004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai alat peraga Mikroskop Smartphone terhadap hasil belajar IPA Biologi pada ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas VIII di SMP N 4 Kalasan T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 4 Kalasan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan random sampling, yaitu kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan kelas VIII B (Kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data hasil belajar siswa ranah pengetahuan menggunakan Uji-t, sedangkan untuk hasil belajar ranah keterampilan menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai alat peraga Mikroskop Smartphone secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada ranah pengetahuan siswa dengan ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,00 < 0,05. (2) Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) disertai alat peraga Mikroskop Smartphone secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar IPA Biologi pada ranah keterampilan siswa dengan ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,003 < 0,05. Kata Kunci: model poe, mikroskop smartphone, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model poe, mikroskop smartphone, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:24
Last Modified: 17 Dec 2018 07:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32062

Actions (login required)

View Item View Item