EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 BANGUNTAPAN

Anindya Zulfatin Nihayah, NIM. 13680009 (2018) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 BANGUNTAPAN)
1380009_BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, AND COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 BANGUNTAPAN)
1368009_BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa model pembelajaran SIMAS ERIC dan dua variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 2 Banguntapan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen pengumpulan data berupa lembar angket motivasi dan soal tes hasil belajar siswa (pretest-posttest), serta instrumen pembelajaran berupa silabus dan RPP. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik berupa uji Mann Whitney U test untuk motivasi belajar dan analisis statistik parametrik berupa uji-t untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SIMAS ERIC lebih efektif terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa daripada model pembelajaran konvensional, dengan perolehan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Kata Kunci: SIMAS ERIC (skimming, mind mapping, questioning, exploring, writing, and communicating), motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dias Idha Pramesti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: SIMAS ERIC (skimming, mind mapping, questioning, exploring, writing, and communicating), motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Dec 2018 07:39
Last Modified: 17 Dec 2018 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32065

Actions (login required)

View Item View Item