PERANAN PROGRAM BUDAYA KESELAMATAN DALAM MENDUKUNG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN STTN YOGYAKARTA

SRI ANDAYANI, NIM. 1620010067 (2018) PERANAN PROGRAM BUDAYA KESELAMATAN DALAM MENDUKUNG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN STTN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN PROGRAM BUDAYA KESELAMATAN DALAM MENDUKUNG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN STTN YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PROGRAM BUDAYA KESELAMATAN DALAM MENDUKUNG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN STTN YOGYAKARTA)
11140025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini adalah analisis studi terhadap kesehatan dan keselamatan kerja pustakawan di Perpustakaan STTN Yogyakarta dengan adanya program budaya keselamatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program budaya keselamatan, kesehatan dan keselamatan kerja pustakawan, dan peranan budaya keselamatan dalam mendukung kesehatan dan keselamatan kerja pustakawan di Perpustakaan STTN Yogyakarta dengan pendekatan teori motivasi Maslow yaitu hierarki kebutuhan keamanan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive. Teknik pengumpulan data ditempuh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapa yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penerapan budaya keselamatan di STTN Yogyakarta berjalan dengan baik yang ditandai dengan adanya komitmen organisasi, kepemimpinan sebagai “role model”, adanya sosialisasi yang dilakukan secara berkala dan internalisasi nilai-nilai keselamatan sehingga tercipta enkulturasi sebagai tindakan konsisten yang dapat dilihat dari minimnya pelaporan gangguan kesehatan dan angka kecelekaaan yang terjadi. 2. Kesehatan dan keselamatan kerja pustakawan di STTN Yogyakarta sudah baik meskipun belum sepenuhnya optimal. Hal itu didukung oleh tindakan pencegahan yang dilakukan pihak perpustakaan yaitu identifikasi terhadap kualitas udara, debu, kebisingan, pencahayaan, zat kimia, dan pengamanan yang dilakukan oleh STTN terhadap bahaya radiasi nuklir. Selain itu, tindakan pencegahan juga dilakukan dengan mengikutsertakan pustakawan pada pelatihan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi pustakawan yang PNS. 3. Peranan budaya keselamatan memberi pengaruh positif terhadap kesehatan dan keselamatan kerja pustakawan yaitu terbentuknya pola pikir dan perilaku yang mengutamakan keselamatan dalam bekerja dari pustakawan, adanya jaminan kesehatan bagi pustakawan, dan juga memberi peranan pendidikan dengan cara pengikutsertaan pustakawan dalam pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja pustakawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, SS., M.A
Uncontrolled Keywords: Budaya Keselamatan, Hierarkie Kebutuhan Maslow, Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pustakawan
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Dec 2018 14:49
Last Modified: 17 Dec 2018 14:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32066

Actions (login required)

View Item View Item