PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA (BERMAIN PERAN) TERHADAP MINAT dan PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2008/2009

PENI RIZKIYATURROHMAH NIM. 04441010, (2009) PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA (BERMAIN PERAN) TERHADAP MINAT dan PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA (BERMAIN PERAN) TERHADAP MINAT dan PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2008/2009 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA (BERMAIN PERAN) TERHADAP MINAT dan PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN KLATEN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2008/2009 )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode sosiodrama (bermain peran) terhadap minat belajar kimia siswa kelas X pada Materi Pokok Ikatan Kimia, (2) mengetahui pengaruh penggunaan metode sosiodrama (bermain peran) terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X pada Materi Pokok Ikatan Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester gasal MAN Klaten tahun pelajaran 2008/2009. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XB sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group. Pengambilan data dengan metode angket dan test. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahikannya. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dan uji-t. Uji prasyarat menggunakan (1) uji normalitas diperoleh hasil data berdistribusi normal, (2) uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel homogen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama (bermain peran) pada Materi Pokok Ikatan Kimia lebih mampu meningkatkan minat belajar kimia siswa dari pada metode latihan soal (drill) pada siswa kelas X MAN Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009, ditunjukkan dengan hasil uji-t yang diperoleh t hitung 4,347 t tabel dengan siknifikasi = 0,000 α = 0,05. (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama (bermain peran) pada Materi Pokok Ikatan Kimia lebih mampu meningkatkan prestasi belajar kimia siswa dari pada metode latihan soal (drill) pada siswa kelas X MAN Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009, yang ditunjukan dengan hasil uji-t dan hasil t hitung 5,023 t tabel dengan siknifikasi 0,000 α = 0,05. Dan peningkatan hasil post-test terhadap kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol yakni 6,8 dan 3,2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama (bermain peran), minat, prestasi.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2012 08:34
Last Modified: 18 Feb 2016 04:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item