ANALISIS ASAM LEMAK SAPI DAN ASAM LEMAK BABI DALAM BAKSO MENGGUNAKAN INSTRUMEN SPEKTROFOTOMETER FTIR (FOURIER TRANSFORM INFRARED)

Dienda Lora Buana, NIM. 13630006 (2018) ANALISIS ASAM LEMAK SAPI DAN ASAM LEMAK BABI DALAM BAKSO MENGGUNAKAN INSTRUMEN SPEKTROFOTOMETER FTIR (FOURIER TRANSFORM INFRARED). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ASAM LEMAK SAPI DAN ASAM LEMAK BABI DALAM BAKSO MENGGUNAKAN INSTRUMEN SPEKTROFOTOMETER FTIR (FOURIER TRANSFORM INFRARED))
13630006_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ASAM LEMAK SAPI DAN ASAM LEMAK BABI DALAM BAKSO MENGGUNAKAN INSTRUMEN SPEKTROFOTOMETER FTIR (FOURIER TRANSFORM INFRARED))
13630006_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis asam lemak sapi dan asam lemak babi dalam produk olahan bakso menggunakan instrumen FTIR. Lemak sapi dan lemak babi diperoleh dari pasar Bringharjo Yogyakarta. Adapun sampel bakso diperoleh dari tiga pedagang bakso sapi dan dua pedagang bakso babi yang ada di daerah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan ekstraksi Soxhlet untuk mengetahui kondisi optimum preparasi asam lemak dalam penentuan kadarnya. Pelarut yang dipelajari adalah n-heksan dan petroleum eter, serta waktu yang dipelajari adalah 2 jam, 3 jam, dan 4 jam. Hasil kadar optimum yang diperoleh kemudian dianalisis dengan instrumen FTIR untuk mengidentifikasi profil spektra dari asam lemak sapi dan asam lemak babi. Hasil menunjukkan kadar preparasi asam lemak menggunakan pelarut petroleum eter dengan waktu ekstraksi 2 jam relatif lebih optimum. Hasil analisa FTIR menunjukkan perbedaan asam lemak sapi dan asam lemak babi terletak padadaerah bilangan gelombang 3000 – 3010 cm-1, pada asam lemak babi pita serapan relatif lebih tajam dari asam lemak sapi yang merupakan vibrasi ulur dari ikatan rangkap –C=CH Cis, pada bilangan gelombang 1172 cm-1 dan 1103 cm-1 menunjukkan tumpang tindih dari dua peak absorbansi maksimum pada lemak babi, pada pita daerah bilangan gelombang 960 - 975 cm-1 sampel lemak babi menunjukkan pita serapan yang relatif lebih lemah dari pada lemak sapi, karena kandungan asam lemak trans pada sampel lemak sapi jauh lebih besar dibandingkan dengan sampel lemak babi. Kata Kunci: Ekstraksi Soxhlet, asam lemak sapi, asam lemak babi, n-heksan, petroleum eter, dan FTIR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ekstraksi Soxhlet, asam lemak sapi, asam lemak babi, n-heksan, petroleum eter, dan FTIR.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2018 07:57
Last Modified: 18 Dec 2018 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum