PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH PADA EDIBLE FILM PATI GANYONG DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L ) TERHADAP MASA SIMPAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.)

Ria Tri Yuliati, NIM. 13630052 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH PADA EDIBLE FILM PATI GANYONG DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L ) TERHADAP MASA SIMPAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH PADA EDIBLE FILM PATI GANYONG DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L ) TERHADAP MASA SIMPAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.))
13630052_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH PADA EDIBLE FILM PATI GANYONG DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L ) TERHADAP MASA SIMPAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.))
13630052_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan kajian pembuatan edible film yang dibuat dari pati ganyong-lidah buaya-gliserol dengan penambahan ekstrak daun sirih. Edible film ini kemudian diaplikasikan terhadap cabai merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun sirih terhadap karakteristik edible film meliputi gugus fungsi, sifat mekanik, WVTR dan masa simpan cabai merah. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu ekstraksi daun sirih, preparasi edible film umbi ganyong-lidah buaya, preparasi edible film umbi ganyong lidah-buaya dengan penambahan ekstrak daun sirih. Variasi konsentrasi ekstrak daun sirih yang dilakukan yaitu 1,0; 1,5; dan 2% (b/b). Konsentrasi dengan sifat mekanik terbaik kemudian diaplikasikan pada cabai merah dan diuji masa simpannya menggunakan parameter susut bobot dan tekstur. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan ekstrak daun sirih 1-2% dapat mempengaruhi sifat mekanik edible film. Sifat mekanik terbaik dicapai pada konsentrasi ekstrak daun sirih 1,5% dengan ketebalan 0,088 mm, kuat tarik 1,88 MPa, elongasi 36,67% dan WVTR 7,96 gram/m2jam. Penambahan ekstrak daun sirih ke dalam edible film mampu mempertahankan kualitas dan daya simpan cabai merah. Masa simpan cabai merah jika ditinjau dari 80% penyusutan susut bobot, perubahan masa simpan cabai merah kontrol yaitu 6 hari menjadi 7 hari (cabai merah dilapisi edible film tanpa ekstrak) dan cabai merah yang dilapisi edible film dengan penambahan ekstrak yaitu 8 hari, sedangkan apabila ditinjau dari presentase penurunan tekstur 80%, masa simpan cabai merah dari 8 hari menjadi 11 hari (pelapisan edible film tanpa ekstrak) dan 13 hari (pelapisan edible film dengan penambahan ekstrak). Kata Kunci: Edible film, pati ganyong, gliserol, ekstrak daun sirih, sifat mekanik, cabai merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Susy Yunita Prabawati, S.Si., M.Si. 2. Endaruji Sedyadi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Edible film, pati ganyong, gliserol, ekstrak daun sirih, sifat mekanik, cabai merah.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2018 11:06
Last Modified: 18 Dec 2018 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum