PENGARUH KESESUAIAN FITUR SISTEM OTOMASI SLIMS: SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN KEBUTUHAN TUGAS DAN PEMANFAATAN TERHADAP KINERJA STAF DI PERPUSTAKAAN LINGKUNGAN MILL (MALANG INTER LIBRARY LOAN)

ACH NIZAM RIFQI, NIM. 1620011033 (2018) PENGARUH KESESUAIAN FITUR SISTEM OTOMASI SLIMS: SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN KEBUTUHAN TUGAS DAN PEMANFAATAN TERHADAP KINERJA STAF DI PERPUSTAKAAN LINGKUNGAN MILL (MALANG INTER LIBRARY LOAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KESESUAIAN FITUR SISTEM OTOMASI SLIMS: SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN KEBUTUHAN TUGAS DAN PEMANFAATAN TERHADAP KINERJA STAF DI PERPUSTAKAAN LINGKUNGAN MILL (MALANG INTER LIBRARY LOAN))
1620011033_BAB-1_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KESESUAIAN FITUR SISTEM OTOMASI SLIMS: SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM BERDASARKAN KEBUTUHAN TUGAS DAN PEMANFAATAN TERHADAP KINERJA STAF DI PERPUSTAKAAN LINGKUNGAN MILL (MALANG INTER LIBRARY LOAN))
1620011033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui besar pengaruh kesesuaian fitur sistem otomasi SLiMS berdasarkan kebutuhan tugas dan pemanfaatannya terhadap kinerja staf di perpustakaan lingkungan MILL (Malang Inter Library Loan) dengan menggunakan the technology to performance chain oleh Goodhue & Thompson (1995) yang merupakan pengembangan teori task technology Fit dengan dihubungkan pada kinerja dan pemanfaatan. Pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif jenis eksplanasi dengan populasi diperoleh dari seluruh pustakawan dan staf di perpustakaan lingkungan MILL yang menggunakan software SLiMS. Proses pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive yang didapatkan sebanyak 34 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi dan wawancara serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Keseusian fitur sistem otomasi SLiMS berdasarkan kebutuhan tugas menunjukkan hasil dalam kategori tinggi sebesar 3,01 dengan nilai rata-rata tertinggi diperoleh pada indikator model alur pengoperasian software sebesar 3,12, sedangkan nilai terendah diperoleh pada indikator minat pengguna dan pengalaman pengguna pada software sebesar 2,85. (2)Pemanfaatan sistem otomasi SLiMS di perpustakaan lingkungan MILL menunjukkan dalam kategori tinggi yaitu sebesar 2,95 dengan nilai rata-rata tertinggi diperoleh nilai rata-rata tertinggi pada indikator norma sosial (social norms) sebesar 3,12, sedangkan nilai terendah diperoleh pada indikator kebiasaan (habit) sebesar 2,87. (3)Kinerja staf di perpustakaan lingkungan MILL dengan adanya penggunaan sistem otomasi SLiMS menunjukkan hasil yang tinggi sebesar 2,93 dengan nilai rata-rata tertinggi pada indikator produktivitas sebesar 3,00, sedangkan nilai terendah diperoleh melalui indikator kualitas pekerjaan sebesar 2,84. (4)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesesuaian fitur sistem otomasi SLiMS berdasarkan kebutuhan tugas terhadap kinerja staf di perpustakaan lingkungan MILL sebesar 52,4% yang diketahui melalui thitung ttabel (5,933 1,694) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 serta uji r dengan hasil R Square (R2) didapatkan hasil nilai koefisien determinasi sebesar 0,524. (5)Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sistem otomasi SLiMS terhadap kinerja staf sebesar 37% yang diketahui melalui uji t yang diperoleh thitung ttabel (4,334 1,694) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 serta kedua dilakukan uji r dengan hasil R square (R2) koefisien determinasi sebesar 0,370. (6)Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesesuaian fitur sistem otomasi SLiMS dan pemanfaatan secara bersama-sama terhadap kinerja staf yang dihasilkan sebesar 5,26% yang diketahui melalui uji f ANOVA yang diperoleh fhitung ftabel (17,215 3,305) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 serta uji r dengan hasil R square (R2) untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,526.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Syifaun Nafisah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Sistem Otomasi, The Technology to Performance Chain, Task Technology Fit, Pemanfaatan, Kinerja SLiMS, dan MILL (Malang Inter Library Loan).
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:24
Last Modified: 19 Dec 2018 03:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32089

Actions (login required)

View Item View Item