METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN (Studi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta)

AHMAD RONY SURYO WIDAGDA NIM. 05410058, (2009) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN (Studi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN (Studi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (997kB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR'AN (Studi Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta) )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pendidikan secara operasional menjadi tugas dan kewajiban umat Islam untuk selalu menjaga dan memelihara al-Qur'an, salah satunya ialah dengan menghafalkannya. Namun keadaan di zaman modern sekarang ini, masih sedikit orang Islam yang mau menghafalkan al-Qur'an. Untuk menarik minat mereka ialah perlu adanya metode pembelajaran yang memudahkan dan sistematis. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran Tahfidzul Qur'an yang sistematis untuk menunjang keberhasilan mereka dalam menghafal al-Qur'an. Ada beberapa metode yang digunakan untuk pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah metode apa yang digunakan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta, bagaimana keberhasilan metode pembelajaran Tahfidzul Qur'an yang dicapai oleh siswa SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara kritis tentang metode pembelajaran tahfidzul Qur'an bagi siswa-siswi kelas III di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta, dan menggambarkan prestasi yang dicapai oleh siswa-siswi serta faktor apa saja yang dapat menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta dalam tahfidzul Qur'an yaitu : (1) Metode Juz'i, yaitu cara menghafal secara berangsur-angsur atau sebagian demi sebagian dan menghubungkannya antar bagian yang satu dengan bagian lainnya dalam satu kesatuan materi yang dihafal. (2) Metode Takrir adalah suatu metode mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada instruktur (guru) yang fungsinya adalah untuk menjaga agar materi yang sudah dihafal tidak kelupaan. (3) Metode Setor dalam aktifitas menghafal al-Qur'an adalah memperdengarkan hafalan-hafalan baru kepada guru. Kegiatan setor ini wajib dilakukan oleh semua siswa yang menghafal al-Qur'an. Karena pada waktu setor inilah maka hafalan siswa disimak oleh guru sehingga dengan setor hafalan santri akan terus bertambah, di samping itu bacaan dan hafalan siswa juga dapat terpelihara kebenarannya. (4) Metode Tes Hafalan adalah usaha yang dilakukan oleh pihak SDIT Salsabila Jetis Bantul untuk menilai keadaan hafalan santri dengan penekanan pada materi ketepatan bacaan yang meliputi makhroj maupun tajwidnya. Sedangkan hasil yang dicapai tidak memenuhi target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Adapun faktor-faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an terdiri dari faktor usia santri, faktor kecerdasan, faktor tujuan dan minat, faktor lingkungan. Sedangkan faktor yang menghambat metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di SDIT Salsabila Jetis Bantul Yogyakarta ialah terletak dalam diri siswa secara psikis yaitu malas-malasan, inginnya selalu bermain dan adanya tingkat kecerdasan yang kurang dari beberapa siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tahfidzul Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2012 18:22
Last Modified: 11 Sep 2012 18:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item