PERBANDINGAN ROW MINIMUM COST METHOD, INCESSANT ALLOCATION METHOD DAN RUSSELLS APPROAXIMATION METHOD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSPORTASI

IMROATUN NAFIAH, NIM. 13610050 (2018) PERBANDINGAN ROW MINIMUM COST METHOD, INCESSANT ALLOCATION METHOD DAN RUSSELLS APPROAXIMATION METHOD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSPORTASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ROW MINIMUM COST METHOD, INCESSANT ALLOCATION METHOD DAN RUSSELLS APPROAXIMATION METHOD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSPORTASI)
13610050_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ROW MINIMUM COST METHOD, INCESSANT ALLOCATION METHOD DAN RUSSELLS APPROAXIMATION METHOD DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSPORTASI)
13610050_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah khusus dalam program linier yang dapat diterapkan pada beberapa hal. Diantaranya yaitu pengiklanan, pembelanjaan modal (capital financing), alokasi dana untuk investasi, analisis lokasi, keseimbangan lini perakitan, perencanaan jadwal produksi dan lain sebagainya. Masalah transportasi berkaitan dengan pendistribusian sembarang komoditi dari sembarang kelompok pusat pemasok yang disebut sumber (sources) ke sembarang kelompok penerima yang disebut tujuan (destination) sedemikian sehingga meminimumkan total biaya distribusi. Penelitian ini mencoba membandingkan 3 (tiga) metode untuk menyelesaikan masalah transportasi, yaitu Row Minimum Transportation Cost Method, Incessant Allocation Method dan Russells Approaximation Method. Ketiga metode tersebut digunakan untuk menentukan solusi awal pada masalah transportasi seimbang dan tak seimbang. Kemudian, ketiga metode tersebut diuji keoptimalannya menggunakan MODI (Modiffied Distribution) dan dihitung tingkat kesalahannya (error). Hal ini dilakukan untuk mengetahui metode yang paling efisien untuk menyelesaikan masalah transportasi. Hasil akhir setelah melakukan uji optimasi dan menghitung tingkat kesalahan, menunjukkan bahwa Incessant Allocation Method merupakan metode yang paling efisien untuk menyelesaikan masalah transportasi seimbang dan masalah transportasi tak seimbang diantara ketiga metode tersebut. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah transportasi yang optimal dilakukan 3 tahapan, yaitu menentukan solusi awal yang layak menggunakan Incessant Allocation Method, menguji optimasi menggunakan MODI dan menghitung tingkat kesalahan (error).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muchammad Abrori, S.Si, M.Kom.,
Uncontrolled Keywords: Masalah Transportasi, Row Minimum Transportation Cost Method, Incessant Allocation Method, Russells Approaximation Method, MODI (Modiffied Distribution), Kesalahan (error)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Dec 2018 14:30
Last Modified: 26 Dec 2018 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum