RELEVANSI PELAKSANAAN KURSUS CALON PENGANTIN DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

HANDIKA PURNAMA, NIM. 14350077 (2018) RELEVANSI PELAKSANAAN KURSUS CALON PENGANTIN DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI PELAKSANAAN KURSUS CALON PENGANTIN DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14350077_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI PELAKSANAAN KURSUS CALON PENGANTIN DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14350077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Perkawinan adalah sebuah ikatan suci yang dijalin sebagai salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Dalam perjalanannya sebuah perkawinan tentu akan diterpa masalah-masalah kehidupan yang tidak siapapun bisa menghindarinya. Permasalahan tersebut bisa muncul dari semua sektor kehidupan seperti ekonomi, kekerasan, perselingkuhan dan lain sebagainya. Untuk menanggulangi hal tersebut tentu diperlukan langkah yang tepat dalam menyelesaikannya salah satunya dengan mempersiapkan bekal yang bisa didapat dalam kursus sebelum seseorang itu melangkah ke jenjang perkawinan. Agar mendapat hasil maksimal dari pelaksanaan kursus maka perlu diketahui pandangan atau persepsi peserta kursus terhadap pelaksanaan kursus calon pengantin tersebut agar dapat menjadi bahan evaluasi demi kemajuan kursus dimasa yang akan dating serta relevansinya dalam pembentukan keluarga sakinah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di KUA Kecamatan Berbah. Data yang dikumpulkan akan dideskripsikan serta dianalisis menggunakan pendekatan normatif-yuridis sebagai aturan yang berlaku untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara atau tanya jawab langsung dengan 8 orang responden yang dipilih secara acak serta 2 orang pemateri sebagai data penunjang. Kerangka teori yang menjadi acuan penyusun dalam menganalisa persepsi peserta kursus yaitu sedikit teori persepsi, peraturan khusus tentang bimbingan perkawinan, konsep keluarga sakinah dalam Islam serta beberapa ayat Al-Qur‟an dan Hadiṡ tentang perkawinan. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kursus calon pengantin di KUA Berbah sudah sangat baik dan mendapat apresiasi yang baik pula dari peserta kursus. Dari wawancara yang telah dilakukan beberapa mengaku secara umum merasa puas dengan pelaksanaannya. Namun para peserta kursus juga memberi sedikit kritik dan saran terkait durasi pelaksanaan yang kurang seimbang, metode tanya jawab yang kurang efektif, narasumber yang kurang interaktif, serta ruangan kursus yang sempit. Namun kegiatan ini tetap menjadi kegiatan yang sangat relevan dan dapat menunjang para calon pengantin dalam mencapai rumah tangga yang sakinah. Kata Kunci : Kursus Calon Pengantin, Relevansi, Keluarga Sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. ABU BAKAR ABAK, MM
Uncontrolled Keywords: Kursus Calon Pengantin, Relevansi, Keluarga Sakinah.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Dec 2018 08:50
Last Modified: 27 Dec 2018 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32125

Actions (login required)

View Item View Item