GAYA BAHASA DALAM NOVEL ΆZᾹZῙL KARYA YŪSUF ZĪDĀN : ANALISIS STILISTIKA

HENNI AMALIA, NIM. 1620510017 (2018) GAYA BAHASA DALAM NOVEL ΆZᾹZῙL KARYA YŪSUF ZĪDĀN : ANALISIS STILISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (GAYA BAHASA DALAM NOVEL ΆZᾹZῙL KARYA YŪSUF ZĪDĀN : ANALISIS STILISTIKA)
1620510017_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (GAYA BAHASA DALAM NOVEL ΆZᾹZῙL KARYA YŪSUF ZĪDĀN : ANALISIS STILISTIKA)
1620510017_BAB-II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini adalah analisis kajian stilistika terhadap gaya bahasa yang terdapat dalam Novel ‘Azāzīl Karya Yūsuf Zīdān. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gaya bahasa dalam Novel ‘Azāzīl Karya Yūsuf Zīdān dan mendeskripsikan pengaruh gaya bahasa terhadap pemaknaan dengan pendekatan teori stilistika novel Syihabuddin Qalyubi dan teori fiksi Burhan Nurgiantoro. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dengan cara membaca, mencatat dan mengumpulkan data-data dari sumber data tertulis. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, pembacaan secara seksama, pengklasifikasian data, dan penganalisisan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penggunaan gaya bahasa novel ‘Azāzīl karya Yūsuf Zīdān meliputi lima aspek kebahasaan yaitu, pertama, Leksikal berupa: polisemi, penggunaan kata-kata yang khas, dan ketepatan penempatan kata. Kedua, Gramatikal berupa: aspek fi’il, aspek kata benda, kalimat nominal, kalimat verbal, dan penyiasatan struktur. Ketiga, Gaya retoris dan kiasan. Gaya retoris berupa: Aliterasi, Asonansi, Anastrof, Apofasis, Apostrof, Asindeton, Polisindeton, Kiasmus, Elipsis, Eufimismus, Litotes, Histeron Proteron, Pleonasme dan tautologi, Perifrasis, Prolepsis, Erotesis, Koreksio, Hiperbol, dan Oksimoron. Adapun gaya bahasa kiasan meliputi: Simile, Metafora, Alegori, Personifikasi, Alusi, Eponim, Epitet, Sinekdoke, Metonimia, Antonomasia, Ironi, Sinisme, Satire, dan Inuendo. Keempat, Kohesi dengan menggunakan alat penghubung diantaranya: و (al-wāwu), ف (al-fāu), مث (summa), وأ (au), dan مأ (am). Kelima, Percakapan dalam novel dapat dianalisis menggunakan salah satu unsur yaitu: narasi dan dialog. 2. Pengaruh gaya bahasa terhadap pemaknaan diantaranya: pembaca bisa mengetahui informasi yang disampaikan pengarang, bisa merasakan rasa sedih, senang, trauma, pesimis, optimis, romantis, nasehat, rasa nyaman, membuat pembaca lebih fokus dan penasaran, serta pembaca mudah memahami pesan tersirat maupun tersurat yang disampaikan oleh pengarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc., M.A.
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa, Novel ‘Azāzīl Karya Yūsuf Zīdān, stilistika novel Syihabuddin Qalyubi, Teori Fiksi Burhan Nurgiantoro
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 28 Dec 2018 09:21
Last Modified: 28 Dec 2018 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum