ALGORITMA LEXISEARCH MENGGUNAKAN REPRESENTASI ADJACENCY DAN PATH UNTUK MENYELESAIKAN BOTTLENECK TRAVELING SALESMAN PROBLEM

SITI BAHJATUN SANIYAH, NIM. 14610016 (2018) ALGORITMA LEXISEARCH MENGGUNAKAN REPRESENTASI ADJACENCY DAN PATH UNTUK MENYELESAIKAN BOTTLENECK TRAVELING SALESMAN PROBLEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ALGORITMA LEXISEARCH MENGGUNAKAN REPRESENTASI ADJACENCY DAN PATH UNTUK MENYELESAIKAN BOTTLENECK TRAVELING SALESMAN PROBLEM)
14610016_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ALGORITMA LEXISEARCH MENGGUNAKAN REPRESENTASI ADJACENCY DAN PATH UNTUK MENYELESAIKAN BOTTLENECK TRAVELING SALESMAN PROBLEM)
14610016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Traveling Salesman Problem (TSP) merupakan suatu permasalahan dimana seorang sales harus melalui semua kota dengan jarak yang terpendek dan setiap kota hanya boleh dilalui tepat satu kali. Dalam perkembangannya, muncul variasi baru dari TSP yaitu Bottleneck Traveling Salesman Problem (BTSP). BTSP sama seperti TSP tetapi diubah fungsi tujuannya, yaitu meminimumkan putaran terpanjang pada rute yang dilalui sales. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan BTSP dengan menggunakan dua cara untuk merepresentasikan rute yang dilalui sales, yaitu representasi adjacency dan representasi path. Masalah dalam penelitian ini diselesaikan dengan Algoritma Lexisearch. Dasar dari algoritma tersebut adalah menentukan struktur solusi dengan ketentuan: setiap elemen pada ruang solusi (matriks jarak) disusun dalam urutan yang hierarkis sebagai blok dan sub-blok dalam blok, seperti halnya susunan kata dalam kamus. Dalam kasus BTSP, setiap verteks melambangkan ’huruf’ pada alfabet, dan setiap rute melambangkan ’kata’ yang tersusun dari alfabet tersebut. Penyelesaian dengan algoritma Lexisearch dilakukan dengan cara perhitungan manual maupun dengan program komputer berbasis MATLAB R2013a. Hasil dari penelitian ini yaitu suatu rute yang dilalui sales dengan bobot (jarak) maksimum terkecil. Nilai optimal dari solusi tersebut merupakan bobot terbesar dari rute yang telah diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muchammad Abrori, S.Si, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Bottleneck Traveling Salesman, Lexisearch, representasi adjacency, representasi path, tabel alfabet, MATLAB.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Dec 2018 14:31
Last Modified: 28 Dec 2018 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum