PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA ARAB (MUFRADAT) DI TK AN-NUR I, MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I.YOGYAKRTA

ARIF MULYANTO NIM : 04420936-03, (2009) PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA ARAB (MUFRADAT) DI TK AN-NUR I, MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I.YOGYAKRTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA ARAB (MUFRADAT) DI TK AN-NUR I, MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I.YOGYAKRTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN MEDIA GAMBAR DALAM PENGUASAAN KOSAKATA ARAB (MUFRADAT) DI TK AN-NUR I, MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I.YOGYAKRTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media gambar yang bertujuan untuk penguasaan kosakata Arab (mufradat) di TK An-Nur I Maguwoharjo Depok Sleman D.I.Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi oleh berbagai pihak yang berkecimpung dalam dunia pembelajaran bahasa Arab dengan mengunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu Peran Media Gambar Dalam Penguasaan Kosakata Arab (Mufradat) di TK An-Nur I Maguwoharjo Depok Sleman. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis data kualitatif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskan, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Arab (mufradat) siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi di setiap tahap pembelajaran, baik pada tahap pra instruksional, tahap instruksional, maupun tahap evaluasi. Penggunaan media gambar yang digunakan ternyata berpengarh dalam proses pembelajaran, itu dapat dilihat sikap antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. (2) Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media gambar dalam penguasaan mufradat dapat berjalan dengan baik, akan tetapi jika dilihat dari hasil tes maka diketahui bahwa tingkat kemampuan penguasaan siswa dengan menggunakan media gambar masih dalam kategori cukup baik. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penguasaan mufradat siswa dengan media gambar terdiri dari faktor guru, faktor siswa, dan faktor media. Guru dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan baik apabila guru tersebut memiliki empat kompetensi, yaitu; kompetensi personal, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogis. Perbedaan kemampuan, sikap, latar belakang, dan jumlah siswa juga mempengaruhi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran. Sedangkan ketersediaan media, baik media sebagai alat maupun media sebagai sumber juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru dalam menerapkan srategi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Penguasaan, Kosakata Arab, Mufradat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Sep 2012 09:35
Last Modified: 03 Apr 2017 02:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item