PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN TAMRÎN LUGHOH KELAS VII C MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Aulia Lina Nashihah, NIM: 14420016 (2018) PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN TAMRÎN LUGHOH KELAS VII C MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN TAMRÎN LUGHOH KELAS VII C MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420016_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN TAMRÎN LUGHOH KELAS VII C MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengajaran Tamrîn Lughoh dengan pendekatan komunikatif di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri. Untuk mengetahui apa saja kendala yang ditemukan pada pengajaran Tamrîn Lughoh dengan pendekatan komunikatif, dan untuk mengetahui usaha apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala yang dialami selama pembelajaran Tamrîn Lughoh berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan objek penelitian adalah kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Dalam rangka pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang pertama kali peneliti gunakan adalah wawancara terlebih dahulu, dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini penulis lakukan kepada pihak madrasah yaitu kepala madrasah tsanawiyah dan guru mata dirasah Tamrîn Lughoh. Lalu observasi di lapangan, kemudian pada kesempatan selanjutnya diperkuat oleh wawancara kepada peserta didik sebanyak 3 (tiga) siswa. Analisis datanya adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran Tamrîn Lughoh di kelas VII C MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, dari segi tujuan pembelajaran, metode dan bahan ajar yang digunakan, materi yang diajarkan, dan evaluasi yang diterapkan telah sesuai dengan pengajaran bahasa komunikatif, Baik itu prinsip-prinsip maupun karakteristik dalam pengajaran bahasa dengan pendekatan komunkatif. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru yang pertama adalah minimnya media pembelajaran yang mendukung seperti LCD proyektor. Kedua karena lingkungan, ketiga bergantung pada individu peserta didik. Lalu usaha yang dilakukan adalah menjalin kerjasama pada pihak madrasah untuk melihat kebutuhan infrastruktur madrasah, mengarahkan peserta didik untuk mengatur waktu belajar mereka dengan baik, dan memberikan motivasi akan pentingnya belajar bahasa asing bagi masa depan mereka. Kata Kunci: Pendekatan Komunikatif, Pengajaran, Tamrîn Lughoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Komunikatif, Pengajaran, Tamrîn Lughoh.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jan 2019 10:01
Last Modified: 02 Jan 2019 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum