MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KOMPARATIF PADA PAUD INKLUSI PELANGIKU JOMBANG DAN TK ISLAM TERPADU DARUL FALAH PEMBINA KECAMATAN SUKOREJO PONOROGO)

ANING PUDJIASTUTI, SPD, NIM. 1520431013 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KOMPARATIF PADA PAUD INKLUSI PELANGIKU JOMBANG DAN TK ISLAM TERPADU DARUL FALAH PEMBINA KECAMATAN SUKOREJO PONOROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KOMPARATIF PADA PAUD INKLUSI PELANGIKU JOMBANG DAN TK ISLAM TERPADU DARUL FALAH PEMBINA KECAMATAN SUKOREJO PONOROGO))
1620430001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KOMPARATIF PADA PAUD INKLUSI PELANGIKU JOMBANG DAN TK ISLAM TERPADU DARUL FALAH PEMBINA KECAMATAN SUKOREJO PONOROGO))
1620430001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan pelaksanaan manajemen Pembelajaran bagi anak usia dini berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif komparatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan dan membandingkan kondisi pada kedua lembaga bersifat verbal atau kalimat. Objek dalam penelitian ini adalah proses mengelola pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus yang menjadi peserta didik. Proses tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pelaksanaan pembelajaran, dan pengawasan. metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaera dan dokumentasi. Mengelola pembelajaran pada PAUD Inklusi yang menggabungkan antara siswa regular dengan siswa berkebutuhan khusus memerlukan pengelolaan yang berbeda pada PAUD umumnya. Pembelajaran pada PAUD inklusi mengakomodasi siswa dengan berbagai karakteristik dan hambatan perkembangan yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan adanya manajemen pembelajaran bagi anak usia dini berkebutuhan yaitu pada perencanaan pembelajaran dimulai dengan asesmen awal untuk mengidentifikasi kekhususan anak untuk disesuaikan dengan kebutuhan Program Pembelajaran Individual pada anak serta menyusun kurikulum yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. Pengorganisasian dengan menempatkan guru pembimbing khusus atau guru yang memiliki kompetensi dalam penanganan ABK sesuai dengan pembagian kelompok belajar anak. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang ditentukan masing-masing lembaga, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, inti dan penutup, Evaluasi dan laporan penilaian dilakukan untuk mengetahui perkembangan yang dicapai dalam proses pembelajaran. Perbedaan dan persamaan dari kedua lembaga tersebut terletak pada konsep dan pelaksanaan di masing-masing fungsi manajemen pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Pada PAUD Inklusi Pelangiku Jombang pelaksanaan pembelajaran dengan konsep inklusi penuh dan pull out yaitu siswa berkebutuhan khusus bergabung dengan siswa reguler dalam satu kelas dan pada jadwal tertentu berada di kelas penguatan. Sedangkan pada TKIT Darul Falah Pembina dengan konsep pembelajaran inklusi terpisah. Yaitu siswa berkebutuhan khusus dengan berada di kelas khusus terpisah dari kelas regular.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Hamruni, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:39
Last Modified: 02 Jan 2019 04:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32177

Actions (login required)

View Item View Item