APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DALAM PROSES PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA

FENDRI RESWANTO, NIM. 13610022 (2018) APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DALAM PROSES PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DALAM PROSES PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA)
13610022_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ALGORITMA TABU SEARCH DALAM PROSES PENYUSUNAN JADWAL PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA)
13610022_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penjadwalan kuliah suatu universitas dalam dunia pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena jadwal kuliah merupakan komponen yang menentukan berjalan tidaknya aktifitas perkuliahan dalam suatu universitas. Dalam membentuk suatu jadwal merupakan hal yang sangat rumit karena banyaknya faktor yang harus diperhatikan, antara lain mata kuliah, dosen, ruang kuliah dan waktu. Terlebih lagi, pembuatan jadwal mata kuliah merupakan suatu pekerjaan rutin dalam sistem akademik di perguruan tinggi yang dilakukan setiap semester. Pada pelaksaanaannya, sering kali jadwal kuliah yang telah dikeluarkan belum fix sehingga membutuhkan adanya penjadwalan ulang. Hal ini disebabkan jenis mata kuliah yang banyak dan variasi pengambilan mata kuliah dari mahasiswa yang banyak juga. Pada dasarnya dalam menentukan jadwal kuliah harus diatur sedemikian rupa sehingga semua mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah yang diambilnya tanpa berbenturan dengan jadwal kuliah lain yang juga diambil. Dengan kata lain jika ada mahasiswa yang mengambil dua buah mata kuliah atau lebih, jadwal kuliah tersebut harus pada waktu yang tidak bersamaan. Jadwal kuliah dua buah mata kuliah dapat dijadwalkan pada waktu yang bersamaan jika tidak ada mahasiswa yang sama yang mengambil dua mata kuliah tersebut. Dalam melakukan penjadwalan kuliah, diperlukan pemikiran yang cukup rumit untuk dapat memetakan sejumlah komponen penjadwalan (mata kuliah, ruang, dan waktu) ke dalam timeslot (matriks ruang dan waktu) dengan mempertimbangkan semua batasan yang ada. Dalam kajian ilmu di Matematika Diskrit, yaitu teori graf dengan mengunakan Algoritma Tabu search mampu memberi solusi terhadap permasalahan ini melalui bahasannya tentang pewarnaan graf. Pembuatan sistem penjadwalan Kuliah yang menerapkan teori ini diharapkan mampu menjawab permasalahan ini. Proses aplikasi Algoritma Tabu Search dilakukan secara manual untuk menyusun penjadwalan mata kuliah di Program Studi Matematika UIN Sunan Kalijaga. Data yang dimasukan berupa data mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa yang di representasikan sebagai titik graf. Output yang akan di hasilkan berupa tabel jadwal kuliah yang telah di tentukan waktu dan ruangannya. Berdasarkan proses yang dilakukan, dari 157 mahasiswa dan 34 jumlah mata kuliah yang ada, Program Studi Matematika memiliki sejumlah 24 jadwal mata kuliah. Untuk ruang kuliah yang boleh digunakanan adalah 4 ruanga dari masing-masing lantai yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Noor Saif Muhammad Mussafi, S.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Kuliah, Pewarnaan Graph, Algoritma Tabu Search
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2019 07:33
Last Modified: 02 Jan 2019 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32179

Actions (login required)

View Item View Item