PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT IBNU QAYYIM AL- JAWZIYYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN POTENSI ANAK

ANGGA SAPUTRA, NIM. 1620430001 (2018) PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT IBNU QAYYIM AL- JAWZIYYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN POTENSI ANAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT IBNU QAYYIM AL- JAWZIYYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN POTENSI ANAK)
1620430001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT IBNU QAYYIM AL- JAWZIYYAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN POTENSI ANAK)
1620430001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang yang membuat menarik penelitian ini yaitu, dalam lingkungan keluarga dewasa ini, Pendidikan Anak Usia Dini masih sering dianggap hanya sebagai bentuk tradisi yang turun temurun, namun hal itu sangat tidak boleh disepelehkan perhatiaanya bagi kedua orang tua. Karena perlu diketahui seorang anak yang akan dewasa nanti baik perilaku, sikap dan tutur katanya, itu semua dipengaruhi pada awal perkembangannya yaitu usia dini (saat awal perkembangan anak). Dimana usia tersebut membutuhkan perhatian penuh dari orang tua serta bimbingan yang kondusif untuk menunjang kreativitasnya dalam segala bidang dan aspek-aspek yang ada pada potensi Anak Usia Dini tersebut. Maka pendidikan yang dilakukan pada usia dini merupakan pondasi awal untuk menentukan kesuksesan anak ketika dewasa kelak. Bukan sekedar itu dalam hal ini juga untuk memberi masukan mengenai seperti apa Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, sehingga Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah memberikan perhatian yang sangat besar dengan menghadirkan karya monumental dalam mendidik anak, yaitu kitab, Tuhfah al-Maudūd Bī Ahkam al-Maulūd. Penelitian dalam tesis ini, mengacu pada konsep yang dipaparkan oleh Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah. Dengan mengambil judul Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim al-Jawziyyah dan implikasinya terhadap perkembangan potensi anak. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui konsep Pendidikan Anak Usia Dini menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, 2) untuk mengetahui implikasi Pendidikan Anak Usia Dini menurut Ibnu Qayyim al-Jawziyyah terhadap perkembangan potensi anak. Adapun yang menjadi jenis penelitian dalam tesis ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode deskriptif content analysis yaitu metode dengan menganalisis isi dan mendeskripsikannya dari objek yang diteliti melalui sumber-sumber yang terkait dalam penelitian ini. Adapun yang menjadi sumber data primer tesis ini adalah kitab, Tuhfah al-Maudūd Bī Ahkam al-Maulūd yang dipadukan dengan versi bahasa Indonesia, Hanya Untukmu Anakku Panduan Lengkap Pendidikan Anak Sejak Dalam Kandungan Hingga Dewasa” yang di terbitkan oleh pustaka Imam Syafi’i. Sedangkan sumber sekundernya berupa kitab-kitab lain karya Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah dan buku-buku yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Peneliti menghimpun data melalui teknik pengumpulan data dokumentasi. Setelah data-data itu diperoleh, peneliti mengolah data-data tersebut dengan cara dibaca dan dianalisis kemudian disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian yang ix dilakukan, adalah: 1) Pendidikan Anak Usia Dini meliputi 2 masa: (a) masa menyusui pada usia 0-2 tahun yang memiliki tahapan perhatian yaitu: memberikan perhatian pada anak dengan stimulus atau rangsangan individu, baik itu mengadzankan anak di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri, men-tahnik, mengaqiqah, mencukur rambut, memberi nama yang baik, menyusui hingga usia dua tahun, dan mengkhitan. (b) pada masa usia 3-6 tahun adalah perhatian orang tua dalam mendidik anaknya meliputi 5 aspek tanggung jawab yaitu: tanggung jawab pendidikan iman, akhlak, sosial, fisik dan intelektual. 2). implikasi pendidikan anak usia dini terhadap perkembangan potensi anak yaitu: (a) seperti potensi keimanan, (b )potensi emosi, (c) potensi Intelektual, (d) potensi moral, (e) potensi sosial dan potensi fisik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: PAUD, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dan Potensi-potensi Anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 02:06
Last Modified: 03 Jan 2019 02:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32180

Actions (login required)

View Item View Item