METODE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN MARIA MONTESSORI)

WAHYUNI MURNIATI, NIM. 1620430004 (2018) METODE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN MARIA MONTESSORI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN MARIA MONTESSORI))
COVER, BAB I, IV, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN MARIA MONTESSORI))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

METODE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN MARIA MONTESSORI) Latar belakang dalam penelitian ini adalah potensi yang dibawa oleh anak sejak lahir perlu mendapat stimulus yang tepat dalam pengembangaannya. Stimulus tersebut berasal dari orang tua dan orang-orang yang terlibat dalam pertumbuhan anak. Cara yang digunakan orangtua dalam mendidik anak akan menentukan akan menjadi apa anak tersebut nantinya. Abdullah Nashih Ulwan seorang ilmuwan muslim memberikan pandangan tentang anak, menurutnya anak yang dilahirkan ibarat kertas putih yang bersih dari apapun, orang tua yang mendidik mereka akan membentuk kepribadian merea sesuai dengan apa yang diajar, dicontohkan, dan dibiasakan kepada mereka. Sedangkan Maria, Montessori seorang ilmuwan barat meyakini bahwa anak memiliki suatu masa yang dinamakan dengan masa peka, sebuah masa yang tepat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak, sayangnya masa ini tidak dapat diprediksi kedatangannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan pada anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Maria Montessori? dan bagaimana komparasi pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dan Maria Montessori? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research. Sebuah metode yang berhubungan dengan pengumpulan data pustaka. Penelitian ini bersifat deskriptif komparatif analitik. Bersifat demikian karena penelitian ini menjelaskan, memaparkan, menganalisis serta membandingkan pemikiran secara sistematis sehingga dengan mudah dapat dipahami dan disimpulkan terkait permasalahan yang diangkat dari kedua tokoh. Hasil penelitian ini menurut Nashih Ulwan terdapat beberapa metode dalam mendidik anak, yakni metode keteladanan, metode pembiasaan, pemberian nasihat, pemberian kasih sayang, dan metode hukuman. Namun dari semua metode tersebut, metode yang paling tepat digunakan dalam mendidik anak adalah metode keteladanan, yakni orangtua menjadi teladan yang baik bagi anak. Sedangkan Maria Montessori berpendapat bahwa cara mendidk anak adalah dengan menghargai anak. Menghargai anak dilakukan dengan cara memberikan kebebasan kepada anak. Kebebasan diperlukan anak untuk menemukan potensi khas yang dapat dikembangkan. Perbandingan konsep metode kedua tokoh terdapat pada pemberian hukuman dan penghargaan serta pendidikan dominan yang harus diberikan kepada anak. Menurut Abdullah Nasih Ulwan, hukuman dan penghargaan diperlukan dalam mendidik anak. Menurutnya hukuman akan memberikan efek jera kepada anak, sedangkan penghargaan akan membuat anak sadar bahwa mereka dicintai. Sedangkan Montessori berpendapat bahwa hukuman dan penghargaan adalah dua hal yang tidak perlu diberikan kepada anak. Hukuman akan membuat anak tertekan dan penghargaan dapat membuat anak terbebani. Selain hukuman dan penghargaan, perbedaan konsep metode pendidikan antara kedua tokoh adalah pendidikan utama yang harus diberikan kepada anak. Abdullah Nashih Ulwan berpendapat bahwa ilmu agama adalah pelajaran pokok yang harus diberikan kepada anak. Sedangkan Montessori berpendapat pokok pendidikan yang harus diberikan kepada anak adalah melatih kepekaan panca indra.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam, MA
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 03:08
Last Modified: 03 Jan 2019 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32183

Actions (login required)

View Item View Item