PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN AL-GHAZALI)

HELDANITA, NIM. 1620430005 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN AL-GHAZALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN AL-GHAZALI))
1620430005_BAB I, V, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARASI PEMIKIRAN THOMAS LICKONA DAN AL-GHAZALI))
1620430005_BAB II, III, DAN IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang dibuktikan dengan data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum maupun politik di negeri ini. Kemendiknas mensinyalir bahwa sumber dari kenyataan ini adalah terabaikannya pendidikan karakter. Kondisi ini menambah deretan tujuan pendidikan nasional untuk turut serta membangun karakter bangsa, khususnya melalui pendidikan anak usia dini. Sadar akan pendidikan anak usia dini merupakan momen terpenting dalam diri seorang anak dan wadah pertama untuk menanamkan pendidikan karakter dengan harapan terbentuknya manusia-manusia berkarakter lebih banyak lagi di muka bumi ini. Untuk mencapai tujuan ini, mengetahui berbagai konsep pendidikan karakter baik dari tokoh barat maupun Islam sangatlah menambah percepatan pencapaian tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dan Al- Ghazali kemudian mengetahui perbandingan pemikiran kedua tokoh. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendekatan historis, pedagogis, dan pendekatan komparatif. Pengumpulan data dilakukan dengan rekonstruksi biografis dan penelusuran Deskriptif Content Analysis. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Thomas Lickona dan Al- Ghazali merupakan dua orang luar biasa yang diberikan anugerah besar oleh Tuhan berupa akal untuk memikirkan hal-hal yang mungkin sudah tidak difikirkan lagi oleh orang lain. Kedua tokoh sama-sama beranggapan dunia membutuhkan orang-orang bermoral bukan cerdas saja. Perbedaan mendasar dari pemikiran kedua tokoh terletak pada bagaimana Al-Ghazali menyandarkan segala komponen dari pendidikan karakter kepada Islam sedangkan Thomas Lickona menyandarkan pada pengalaman dan riset-riset yang dilakukan secara terus- menerus. Jika Lickona menggunakan istilah pendidikan karakter, maka Al-Ghazali menggunakan akhlak untuk menjelaskan karakter dalam diri seseorang. Pada aspek komponen- komponen, metode dan pendekatan yang digunakan serta tahap-tahap perkembangan pendidikan karakter dalam diri anak, kedua tokoh juga viii memiliki cara pandang masing-masing. Namun, dengan perbedaan corak pandangan dari kedua tokoh ini bukannya melahirkan suatu jurang pemisah melainkan dapat dikolaborasikan untuk melahirkan sebuah konsep baru yakni pendidikan karakter yang berspiritualitas yang menghendaki anak tidak hanya memiliki karakter yang baik namun juga dilengkapi dengan karakter-karakter Islam yang sesuai dengan syariat agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suyadi, MA.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Thomas Lickona, Al-Ghazali
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 13:37
Last Modified: 03 Jan 2019 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum