PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (DI PEMBINA MATARAM)

ULYA WAHDAH, NIM. 1620430008 (2018) PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (DI PEMBINA MATARAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (DI PEMBINA MATARAM))
1620430008_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (DI PEMBINA MATARAM))
1620430008_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Dewasa ini pertumbuhan dan perkembangan lembaga PAUD yang sangat pesat tidak sejalan dengan manajemen SDM yang profesional. Manajemen SDM di lembaga PAUD tidak sesuai dengan job description yang telah ditentukan. Fenomena ini akan berdampak pada pengembangan kurikulum yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) manajemen sumber daya manusia di Yayasan Pendidikan Al- TK Negeri Pembina Mataram. (2) peranan manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Yayasan Pendidikan Al- . (3) perbandingan sumber daya manusia di Negeri Pembina Mataram dalam pengembangan kurikulum. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, manajemen SDM di Yayasan Pendiddikan Al Iqra Mataram melalui beberapa tahap yaitu perencanaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan, dan studi lanjut, sedangkan di TK Negeri Pembina Mataram manajemen SDM merupakan kebijakan dari Dinas Penidikan Kota Mataram. Kedua, peran SDM sebagai developer dan implementer kurikulum yang dilakukan oleh tim pengembangan kurikulum, hasil dari pengembangan kurikulum disetujui oleh pihak yayasan. Peran SDM di TK Negeri Pembina Mataram sebagai developer dan implementer kurikulum yang dilakukan oleh tim pengembangan kurikulum dan hasil dari pengembangan kurikulum disetujui oleh Dinas Kota Mataram. Ketiga, perbandingan SDM di Mataram dalam pengembangan kurikulum dilihat dari beberapa persamaan yakni menggunakan kurikulum 2013, dan kualifikasi akademik pendidik lulusan sarjana S1. Perbedaannya terletak pada model pembelajaran menggunakan model Area dan TK Negeri Pembina menggunakan model sentra. Langkah pengembangan kurikulum dan TK Negeri Pembina Mataram sangat berbeda. Langkah pengembangan kurikulum TK Al yaitu perencanaan pengembangan kurikulum, pengorganisasian pengembangan kurikulum, pelaksanaan pengembangan kurikulum dan evaluasi pengembangan kurikulum. Sedangkan TK Negeri Pembina menggunakan tiga langkah, yaitu analisis konteks, penyusunan dokumentasi kurikulum, dan pengesahan dokumentasi kurikulum oleh Dinas Pendidikan Kota.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Abdur Rachman Assegaf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajeman SDM, Pengembangan Kurikulum, PAUD
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:47
Last Modified: 03 Jan 2019 06:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32191

Actions (login required)

View Item View Item