PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODᾹT KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL

SYARIFAH LAYLI, NIM: 14420029 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODᾹT KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODᾹT KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL)
14420029_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARABIC CORNER MUMTAZ UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODᾹT KELAS XI AGAMA 2 MAN 3 BANTUL)
14420029_BAB II_S.D_ SEBELUM _BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” dalam meningkatkan Penguasaan Mufrodāt yang dimiliki siswa, serta bagaimana pengaruh media ini di kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan model Research and Development adalah penelitian pengembangan terhadap media pembelajaran Arabic Corner “mumtaz” dalam pembelajaran mufrodāt. Variabel pada penelitian ini ialah pengembangan media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” dengan penialaian dari ahli materi derta ahli media. Variabel yang kedua ialah mengukur adanya peningkatan dalam penguasaan mufrodāt dengan adanya penggunaan media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, angket serta tes. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran bahasa Arab ini berupa media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” untuk kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran ini. Hasil penilaian dari ahli media secara keseluruhan media adalah 55 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 97,00 %, sedangkan penilaian dari ahli materi, media ini mendapatkan skor 49 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas SANGAT BAIK (SB) dengan persentase 81,66%. Lalu berdasarkan hasnil uji coba dari kelompok luas pada siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul menunjukkan peningkatan pada penguasaan mufrodāt dibuktikan dengan hasil posttest (79,4) lebih besar dibandingkan nilai pretest yaitu (61,2). Serta hasil perhitungan signifikansi menggunakan bantuan aplikasi SPSS 18, bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata nilai tes sebelum menggunakan media pembelajaran Arabic corner”mumtaz” dengan setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil uraian penelitian tersebut, bahwa media pembelajaran Arabic Corner “Mumtaz” berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan mufrodāt untuk siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan, Arabic Corner “Mumtaz”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan, Arabic Corner “Mumtaz”.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:53
Last Modified: 03 Jan 2019 06:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32193

Actions (login required)

View Item View Item