IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MIPA MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

ASRI SOLIKHATI, NIM : 14420030 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MIPA MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MIPA MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420030_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MIPA MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420030_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Asri Solikhati. 14420030. Implementasi Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X MIPA MAN 4 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Dalam dunia pendidikan dikenal beberapa teori pendidikan. Salah satunya adalah teori humanistik yang fokus dalam pembahasan ini adalah perilaku manusia. Realitanya proses pembelajaran yang berlangsung di kelas tidak berjalan dengan semestinya, karena proses pembelajaran di kelas didominasi oleh peran guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab persoalan-persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X MIPA MAN 4 Bantul dengan menggunakan pendekatan humanistik. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada semua pihak dalam pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya MAN 4 Bantul sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian dalam skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan penulis adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X MIPA MAN 4 Bantul, penulis melihat pada proses pembelajaran bahasa Arab yang berlangsung. Guru sudah mampu dalam mengimplementasikan pendekatan humanistik pada metode pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dilihat antara guru dan siswa maupun sebaliknya, penciptaaan suasana yang nyaman tanpa ancaman, para siswa ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi berpusat kepada siswa, guru bertindak sebagai fasilitator dan mediator, di samping itu siswa diberikan kebebasan berpendapat. Namun ada beberapa hambatan terkait implementasi pendekatan humanistik yaitu kurangnya fasilitas media dan sumber belajar yang memadahi di madrasah. Solusinya adalah menggunakan media dan sumber pembelajaran di madrasah dengan kreativitas siswa. Kata Kunci : Implementasi, Pendekatan Humanistik, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan Humanistik, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:58
Last Modified: 03 Jan 2019 06:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item View Item