PERANAN GURU PAUD DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA

ADESANHAR, NIM. 1620430010 (2018) PERANAN GURU PAUD DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU PAUD DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)
1620430010_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU PAUD DALAM PENANAMAN BUDI PEKERTI ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)
1620430010_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatar belakangi bahwa dalam dunia pendidikan saat ini peneliti melihat masih dalam tahap rendah. Hal ini dilihat dari masalah yang menyangkut masalah dengan etika, moralitas, dan sopan santun, atau perilaku yang menunjukan rendahnya budi pekerti anak. Berangkat dari masalah tersebut perlu adanya peranan guru dalam penanaman budi pekerti yang baik dengan melalui keteladan dan pembiasaan. Dalam hal ini penanaman budi pekerti Anak Usia Dini melalui keteladanan dan pembiasaan, berperan besar dalam mewujudkan perilaku yang baik dalam dunia pendidikan, bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus pada perbuatan- perbuatan negatif yang sangat memprihatinkan. Dari penjelasan di atas, peneliti tertarik meneliti peranan guru dalam menanamkan budi pekerti Anak Usia Dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan di TK Islam Mutiara Yogyakarta. Karena di TK Islam Mutiara Yogyakarta telah terlihat keberhasilannya dalam menanamkan budi pekerti pada anak didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru dalam penanaman budi pekerti Anak Usia Dini di TK Islam Mutiara Yogyakarta. Dan untuk mengetahui keteladanan dan pembiasaan yang dilakukan guru PAUD di TK Islam Mutiara Yogyakarta. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman budi pekerti Anak Usia Dini di TK Islam Mutiara Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan guru dalam menanamkan budi pekerti Anak Usia Dini di TK Islam Mutiara Yogyakarta dilakukan dengan berbagai kegiatan yaitu: Salam dan salim, membaca doa sebelum dan sesudah belajar, sholat berjamaah, tolong menolong, akidah keimanan, dan membiasakan hidup bersih. Penanaman budi pekerti melalui keteladanan dan pembiasaan yaitu: keteladanan dalam ibadah, menjaga kebersihan, kedisiplinan, dan bersikap ramah, sopan santun. Keberhasilan menanamkan budi pekerti Anak Usia Dini akan melahirkan karakter, keimanan, sikap yang baik, tolong menolong, berakhlak karimah, meningkatkan keperdulian dan menjadikan anak yang berbudi pekerti luhur. Sedangkan faktor pendukung dalam menanamkan budi pekerti anak yaitu guru yang mampu mencerdaskan anak menjadi peribadi yang berbudi pekerti luhur, serta lingkungan yang kondusif dan teman-teman yang menyenangkan, faktor penghambat, kurang kerja sama guru dan orangtua siswa, lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga dan media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman, SS. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Menanamkan Budi Pekerti Anak Usia Dini Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:21
Last Modified: 03 Jan 2019 07:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32198

Actions (login required)

View Item View Item