PENDIDIKAN SOSIAL DAN MORAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PROSTITUSI (DI KELURAHAN TONDO KOTA PALU SULAWESI TENGAH)

IRMAWATI, NIM. 1620430012 (2018) PENDIDIKAN SOSIAL DAN MORAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PROSTITUSI (DI KELURAHAN TONDO KOTA PALU SULAWESI TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN SOSIAL DAN MORAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PROSTITUSI (DI KELURAHAN TONDO KOTA PALU SULAWESI TENGAH))
1620430012_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN SOSIAL DAN MORAL ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PROSTITUSI (DI KELURAHAN TONDO KOTA PALU SULAWESI TENGAH))
1620430012_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan di lingkungan prostitusi Kelurahan Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah yang merupakan lokalisasi prostitusi yang sangat terkenal di Kota Palu. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi kelurahan Tondo. Kedua, apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi Kelurahan Tondo. Penelitian ini bersifat kualitatif yang dilakukan di lingkungan prostitusi Kelurahan Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi partisipan, dalam hal ini peneliti akan mengamati anak, orang tua serta masyarakat yang berada di lingkungan prostitusi dalam proses pendidikan sosial dan moral anak usia dini, mewawancara faktor pendukung dan penghambat pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi. Wawancara, peneliti bertanya bagaimana pendidikan sosial dan moral anak usia dini serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi. Dokumentasi, dokumen yang peneliti teliti adalah dokumen yang berkaitan dengan pendidikan sosial dan moral anak usia dini dan faktor pendukung dan penghambat pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi Kelurahan Tondo Kota Palu Sulawesi Tengah. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi dalam prosesnya baik orang tua maupun masyarakat hanya menggunakan metode nasehat tanpa didukung dengan keteladanan dan kurangnya pembiasaan kepada anak. Pola perilaku sosial anak usia dini meliputi: (a) kerja sama, (b) persaingan, (c) kemurahan hati, (d) hasrat akan penerimaan sosial, (f) ketergantugan, (g) meniru serta (h) perilaku kelekatan. Dalam proses pendidikan sosial dan moral anak usia dini di lingkungan prostitusi dijumpai beberapa faktor pendukung dan pemnghambat antara lain: faktor pendukung: (a) pendidikan formal dan (pendidikan nonformal), sementara itu faktor penghambatnya adalah: (a) tidak adanya partisipasi orang tua dan masyarakat sekitar lingkungan, (b) minimnya wawasan orang tua tentang PAUD, (c) lingkunga masyarakat, (d) lingkungan keluarga, (e) tidak adanya keteladanan dari orang tua, serta (f) kurangnya pembiasaan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: pendidikan sosial, pendidikan moral, anak usia dini, lingkungan prostitusi
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:35
Last Modified: 04 Jan 2019 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32202

Actions (login required)

View Item View Item