INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL (STUDI KASUS DI KELAS BUGIS)

ANGGRIA NOVITA, NIM. 1620430013 (2018) INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL (STUDI KASUS DI KELAS BUGIS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL (STUDI KASUS DI KELAS BUGIS))
1620430013_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DI TK KALYCA MONTESSORI SCHOOL (STUDI KASUS DI KELAS BUGIS))
1620430013_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran berhitung pada anak usia dini dapat dimulai dari tahap yang konkret menuju abstrak. Pembelajaran berhitung seharusnya memperhatikan setiap aspek perkembangan anak, karena anak belajar dari lingkungannya. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi guru dalam pembelajaran berhitung. Dengan demikian, fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang mengapa inovasi guru penting, bagaimana proses guru dalam berinovasi, dan apa hasil inovasi guru dalam pembelajaran berhitung untuk menstimulasi kecerdasan logis- matematis. Adapun alasan peneliti memilih TK Kalyca Montessori School Yogyakarta adalah karena TK ini merupakan salah satu TK yang menerapkan metode Montessori dalam pembelajarannya dan mempunyai salah satu area yang berkaitan dengan pembelajaran berhitung yaitu area matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berbentuk studi kasus. Adapun teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, yang mana sumber utamanya adalah 2 orang guru kelas Bugis, kemudian didukung oleh sumber tambahan yaitu Kepala Sekolah dan Direktur TK Kalyca Montessori School Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Selanjutnya, untuk mengetahui keabsahan data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, trianggulasi sumber data, dan mengadakan member check. Hasil penelitian ini adalah (1) alasan penting guru melakukan inovasi dalam pembelajaran berhitung adalah karena selain sebagai fasilitator dan observer, guru sebagai pembelajar (training filosofi Montessori, training menggunakan aparatus dengan baik dan benar, diskusi bagaimana cara mengatur kelas, dan belajar dari modul), pengadopsi (mencari benda-benda konkret yang bisa dihitung di luar kelas, mencari informasi di youtube tentang bagaimana cara mengkombinasikan aparatus satu dengan aparatus lainnya), pengembang (mengganti objek dari aparatus), dan pencipta (membuat sequence, counting set, dan update worksheet); (2) proses inovasi guru dalam pembelajaran berhitung adalah melalui tiga tahapan yaitu tahap pengenalan konsep (melalui pembelajaran tiga tahap secara langsung dengan aparatus konkret), tahap transisi/ peralihan (secara tidak langsung dengan aparatus konkret), dan tahap lambang (mengkombinasi secara langsung dan tidak langsung dengan aparatus konkret); (3) hasil inovasi guru dalam pembelajaran berhitung untuk menstimulasi kecerdasan logis-matematis (anak mampu berpikir logis, meningkatkan daya ingat, mampu mengklasifikasikan, meningkatkan bilangan, menemukan cara kerja, menjadi pemecah masalah, mengerti sebab akibat, dan meningkatkan ketelitian).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: inovasi guru, pembelajaran berhitung, kecerdasan logis-matematis
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:40
Last Modified: 04 Jan 2019 01:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32203

Actions (login required)

View Item View Item