PROSES SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK AISYAH NYAI AHMAD DAHLAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

TITIS EMA NURMAYA, NIM. 1620430014 (2018) PROSES SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK AISYAH NYAI AHMAD DAHLAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK AISYAH NYAI AHMAD DAHLAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROSES SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK AISYAH NYAI AHMAD DAHLAN KOTAGEDE YOGYAKARTA)
11140025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga poin yang dikaji yaitu, alasan pihak TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan melaksanakan supervisi akademik kepala sekolah, proses pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan hasil yang dicapai dari proses pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Sumber data penelitian yaitu dokumen dan narasumber.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) alasan pihak TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan melaksanakan supervisi akademik adalah supervisi sebagai sarana membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran maupun dalam administrasi guru menjadi lebih kreatif. (2) pelaksanaan supervisi akademik dilakukan minimal dua kali dalam satu semester, teknik supervisi yang digunakan ada dua yaitu individu dan kelompok. (3) hasil supervisi akademik yaitu tercapainya program pembelajaran sesuai dengan standar penilaian supervisi, teridentifikasi hambatan, kelemahan dan keberhasilan serta tersusunnya tindak lanjut hasil supervisi akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: supervisi akademik kepala sekolah, mutu pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:46
Last Modified: 04 Jan 2019 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum